Tips Travelling murah dan Menyenangkan Ke Yogyakarta

Tips Travelling murah dan menyenangkan ke Yogyakarta - Yogyakarta bukan hanya terkenal sebagai kota pelajar, namun kota ini juga terkenal dengan budayanya yang kental. Masih banyaknya arsitektur bernuansa Jawa membuat tempat ini sangat digemari oleh turis mancanegara maupun turis lokal.

Candi Borobudur yang merupakan bagian dari 7 keajaiban dunia pun terletak tidak jauh dari kota ini. Bukan hanya candi borobudur yang menjadi icon budaya tempat ini, tapi candi prambanan juga memberikan sumbangsih terbesar untuk budaya kota ini. Untuk anda yang mempunyai dana terbatas, tidak perlu khawatir karena biaya liburan di yogya tergolong murah.


Cara Liburan Murah Meriah Ke Yogyakarta

Sumber Foto : Wikipedia

Beberapa Tips Liburan Murah dan Menyenangkan Ke Yogyakarta :


1. Pilihlah Akomodasi Murah

Kadangkala masalah akomodasi tidak menjadi penting lagi jika kita akan melakukan wisata di kota tersebut seharian penuh. Ada beberapa pilihan akomodasi murah di sekitar jalan Sosrowijayan. Tarif motel atau hotel di sekitar sini berkisar 100 ribu per malam. Kamarnya bisa ditempati untuk 2 orang. Dan telah disediakan dengan sarapan pagi. Menginap di tempat ini memili keuntungan tersendiri karena berada di dekat stasiun tugu dan Malioboro.

Jadi anda bisa menghemat biaya transportasi jika ingin berkunjung ke dua tempat tersebut. Anda juga bisa coba menginap di The Munajat Backpacker, hotel putri, atau hotel Indonesia yang terletak tidak jauh dari Malioboro. Jika ingin mendapatkan banyak pilihan akomodasi berkunjunglah ke situs www.DjogjaHotel.com. Akan lebih baik lagi jika anda bergabung dengan komunitas backapcker dan mempunyai kenalan di Jogja. Anda bisa mendapatkan akomodasi gratis.

2. Memilih Transportasi Murah

Untuk bisa menghemat budget transportasi saat berwisata ada baiknya anda menyusun itenerary anda dengan cermat. Petakan objek objek wisata yang ingin anda kunjungi.  Jika kita ingin berwisata di beberapa lokasi dalam kota dan bisa seharian, ada baiknya anda menyewa sepeda motor. Biaya sewa nya 50 ribu per hari.

Jika anda ingin berpergian ke tempat yang jauh tapi masih dalam kota anda bisa memanfaatkan Trans Jogja. Kendaraan ini melayani rute rute ke beberapa objek wisata seperti ke candi prambanan. Jika anda ingin keluar kota Jogjakarta seperti ke daerah gunung kidul, anda bisa menyewa mobil termasuk sopirnya. Tapi jika anda punya teman cowok yang bersedia ke wisata tersebut menggunakan motor anda tinggal bermodalkan peta atau GPS agar bisa sampai tujuan tanpa kesasar.

3. Pilihlah Kuliner Murah

Yogya merupakan surga kuliner. Banyak kuliner murah yang bisa anda temukan di sini. Kuliner yang paling terkenal adalah gudeg yogya. Tak lengkap rasanya jika ke Yogya tidak mencicipi kuliner ini. Gudeg bisa anda temukan di sepanjang jalan Maliobiro.

Kota juga terkenal dengan angkringannya yang tersebar di pinggir pinggir jalan. Beberapa angkirangan terkenal yang bisa anda temukan di yogya :

- Angkringan Gareng Petuk KR, menu khasnya adalah nasi kucing khas jogja dan wedang. Angkirangan ini terletak di jalan Mangkubumi depan kantor koran kedaulatan rakyat.

- Angkringan Lek Man, angkringan ini terkenal dengan kopi Jos nya. Ini angkringan asli pertama. Terletak di samping utara stasiun kereta.

Cara Liburan Murah Meriah Ke Yogyakarta


Baca juga Cara Liburan Murah dan Praktis Ke Anyer

4. Memilih Objek Wisata Murah

Ada banyak wisata murah yang bisa anda dapatkan di Jogja. Bagi yang suka belanja anda tinggal ngubek ngubek saja jalanan sekitar Malioboro. Anda bisa mendapatkan pakaian murah khas yogya di pasar ini. Bagi yang suka foto foto anda bisa mencoba ke Tugu Yogya pada malam hari untuk sekedar berfoto. Tugu ini merupakan icon yogyakarta.

Anda yang hendak berwisata malam bisa juga mengunjugi alun alun. Di sini banyak angkringan yang menyediakan wedang. Menikmati kota yogya saat malam hari ditemani dengan jajanan hangat merupakan pilihan yang patut anda coba. Bagi anda yang menyukai sejarah bisa juga mengunjungi keraton yogya.

Cara Liburan Murah Meriah Ke Yogyakarta
Candi Prambanan. Sumber Foto : Wikipedia 

Cara Liburan Murah Meriah Ke Yogyakarta
Tugu Yogyakarta. Sumber Foto : Wikipedia

Salah satu tips liburan murah ke Yogyakarta adalah dengan memilih tempat makan untuk wisatakuliner khas Yogyakarta yang murah. 


Nah, di bawah ini adalah tempat wisata kuliner khas Yogyakarta yang harganya ramah di kantong dan dapat menjadi rekomendasi untuk anda :


1. Angkringan Lek Man

Angkringan Lek Man


Nah, ini nih salah satu angkringan yang terkenalnya kemana-mana. Di angkringan ini berkumpul berbagai kalangan, dari mahasiswa, tukang becak, seniman, budayawan, wartawan, hingga komunitas cyber macam chatter dan blogger pun turut meramaikan anggkringan ini.

Angkringan yang terletak di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta ini menyediakan berbagai makanan khas Yogyakarta seperti ceker, sate usus, sego kucing (nasi putih plus sambel goreng teri) yang diberi tempe bacem, dan masih banyak lagi makanan khas Yogyakarta yang murah meriah sehingga dapat menjadi cara liburan murah ke Yogyakarta.

Selain itu, adapula jenis minuman legendaris yang seringkali dipesan oleh berbagai orang. Apalagi kalau bukan Kopi Joss. Ya, kopi ini adalah kopi yang disajikan panas dengan cara diberi arang. Untuk anda yang ingin meminum kopi berkafein rendah, minumlah kopi joss yang memiliki kadar kafein rendah karena sudah dinetralisir oleh arang. 

2. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum


Salah satu makanan khas Yogyakarta yang legendaris, terkenal, dan banyak diburu oleh banyak wisatawan asing maupun mancanegara adalah gudeg. Tempat makan dengan menu gudeg yang cukup fenomenal adalah Gudeg Yu Djum yang teretak di Jalan Kaliurang KM 45, Karang Asem CT III/06 Jogja. Selain disitu, Gudeg Yu Djum juga mempunyai beberapa cabang di tempat lainnya.

Di Gudeg Yu Djum, anda akan disajikan jenis gudeg yang kering dan bisa anda nikmati dengan berbagai lauk lainnya seperti ayam, telur, ampela ati, dan lauk lainnya. Cukup dengan Rp 10.000,- anda sudah bisa menikmati gudeg istimewa di Gudeg Yu Djum. Murah? Banget!

3. House of Raminten

House of Raminten


Rumah makan yang cukup populer di seantero Yigyakarta ini memiliki konsep yang agak nyentrik untuk menarik para pelanggan. House of Raminten yang beralamatkan di Jl. FM Noto No. 7, Kota Baru ini memiliki desain yang unik dan nyeleneh sehingga anda akan menemukan bahwa tempat ini selalu ramai dan anda harus mengantri cukup lama untuk dapat menikmati hidangan makanan di sini.

Di ruang tunggunya tak ada lobby, namun yang ada hanya deretan kursi dan juga dua biah kereta kuda kuno ala kerajaan zaman dulu dan juga ada juga foto pemiliknya. Di area ruang tunggu ini anda akan menjumpai aksi tak biasa dengan adanya papan peringatan bertuliskan ìMohon Perhatian! Barang anda (handphone, dompet, sisir, kacamata, tas, topi, gergaji, setrika, dll) supaya jangan sampai ketinggalan. Sepertinya House of Raminten tak ingin para pelanggannya merasakan kebosanan saat menunggu.

Selain itu, House of Raminten masih mempunyai banyak keunikan lainnya seperti gending-gending jawa yang terus mengalun, pelayan wanitanya yang mengenakan kemben, dan juga sederet keunikan lainnya. Meski terkenal unik dan ramai, House of Raminten tetap mematok harga yang murah untuk para pelanggannya. Sebut saja nasi kucing yang harganya hampir sama dengan yang dijual di kaki lima. 

Untuk anda yang gemar melakukan liburan murah ke Jogja ala backpacker pastikan untuk mengunjungi tempat ini, ya! Namun, pastikan untuk melakukan reservasi jika anda tak ingin berlama-lama mengantri.

4. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah


Jika  biasanya gudeg yang anda makan terasa manis, maka dapat dipastikan bahwa lidah anda akan terbakar ketika anda mencoba gudeg mercon yang super pedas di Gudeg Mercon Bu Tinah ini. Bagi anda yang memiliki lidah dan perut tahan pedas, cobalah sesekali uji nyali di tempat ini. Banyak pelanggan yang merasa mereka cukup kuat untuk makan gudeg mercon tapi ternyata mereka akan bolak-balik pergi ke kloset setelah beberapa jam memakan gudeg mercon.

Gudeg Mercon Bu Tinah bukanlah sebuah rumah makan, namun meskipun hanya berlokasi trotoar pinggir jalan Asem Gede Kranggan, Gudeg Mercon Bu Tinah ini ternyata mampu membuat kondisi jalan menjadi tersendat beberapa kali karena antreannya. 

Meskipun membuat penasaran, namun ada satu hal yang harus anda waspadai yaitu harga. Ya, harga! Meskipun Gudeg Mercon Bu Tinah hanya warung pinggir jalan, harganya tak seramah yang anda kira. Karena itulah lebih baik anda bertanya dulu harganya sebelum membeli karena di Gudeg Mercon Bu Tinah tidak disediakan menu. 

5. Ayam Bakar Pak Yanto

Ayam Bakar Pak Yanto


Sebelum dinamakan Ayam Bakar Pak Yanto, tempat tersebut sudah terkenal lebih dulu lewat nama Ayam Bakar Genther yang tak pernah sepi pengunjung. Ayam Bakar Pak Yanto berlokasi di Jl. Juadi, tepatnya di belakang SMPN 5 Jogja ini memiliki menu andalan, apalagi kalau bukan ayam bakarnya!
Meskipun primadonanya adalah ayam bakar, namun Ayam Bakar Pak Yanto juga menyediakan beberapa menu lain seperti lele, nila, tempe, dan telur. 

Selain itu, anda tak perlu khawatir tentang harga! Harga nasi ditambah dengan ayam bakar/goring di sana dibanderol Rp 11.000 (bisa berubah sewaktu-waktu). Murah, kan? Pergilah ke sini jika anda ingin liburan murah meriah di Yogyakarta.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Travelling murah dan Menyenangkan Ke Yogyakarta"