Cara Wisata Murah dan Menyenangkan Di Cirebon

Wisata Murah Cirebon - Cirebon merupakan destinasi yang tepat untuk menjadi pilihan anda saat akhir pekan atau hanya punya waktu terbatas untuk liburan. Hal ini karena Cirebon sangat dekat dengan Jakarta. Hanya butuh beberapa jam untuk mencapai tempat ini dan hanya tinggal naik kereta saja. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk transportasi kesini sangatlah murah. Cirebon sendiri terletak di sebelah utara Jawa Barat atau lebih terkenal sebagai jalur pantura.  Cirebon menjadi daya tarik wisata karena menyimpan berbagai macam kekayaan budaya. Terkenal sebagai kotanya para wali menjadikan Cirebon punya wisata sejarah yang sangat kental. Bukan hanya itu, Cirebon terkenal dengan wisata Belanja dan wisata kuliner. Banyak batik khas Cirebon yang menjadi produk menarik untuk oleh oleh wisatawan.

Cara Wisata Murah dan Menyenangkan Di Cirebon
Sumber Foto : Wikipedia

Saat tiba di Cirebon anda jangan khawatir masalah penginapan yang nantinya akan ditempati. Saya punya rekomendasi untuk hotel murah di Cirebon.  Untuk anda yang punya budget kisaran 100 ribu per malam untuk penginapan, anda bisa memilih menginap di pondok Avicenna. Penginapan ini terletak di jalan Pemuda no.2. Fasilitas yang bisa didapatkan di tempat ini adalah AC, air panas dan dingin, TV berbentuk LCD, kamar mandi di dalam, dan internet unlimited 24 jam. Penginapan ini terdiri dari 228 kamar dan terletak di tempat yang sangat strategis dekat dengan beberapa objek wisata. Nah untuk anda yang memili budget kisaran 200 ribu per malam untuk menginap, anda bisa mencoba Griya Sea Hotel. Penginapan ini terletak di Tanda Barat no.39 , Kejaksaan dekat stasiun Cirebon dan dekat dengan objek wisata di Cirebon. Harga nya mulai dari Rp.206, 612. Dengan harga ini anda sudah mendapatkan fasilitas sarapan untuk 2 orang.

 Untuk wisata religi di Cirebon anda bisa mengunjungi :


1.       Makan Sunan Gunung Djati

Sunan Gunung Djati adalah tokoh yang paling berjasa untuk daerah Cirebon. Sehingga karena begitu berpengaruhnya, Cirebon sering diidentikkan dengan kota Sunan Gunung Djati. Sunan gunung Djati dimakamkan di Cirebon. Makam tersebut memilliki arsitektur perpaduan antara seni Jawa, China, dan Arab. Seni Timur Tengahnya terletak paka ukiran kaligrafi yang sangat indah di makam tersebut. Sedangkan budaya China terletak pada pecahan porselin yang ditempel di dindin makan dan tersebar di seluruh jalan makam tersebut. Hal lain yang menjadi daya tarik makam ini adalah terdapat 9 pintu yang disusun bertingkat. Semua wisatawan diperbolehkan masuk sampai pintu keenam saja. Sedangkan pintu lain sampai pintu kesembilan hanya diperuntukkan untuk keturunan Sunan Gunung Djati sendiri.

2.       Taman Sari Gua Sunyarangi

Tempat wisata ini menjadi tempat yang digunakan oleh raja untuk mencari ketenangan. Hal ini bisa dilihat dari asal kata dari Sunyarangi sendiri yang dalam bahasa Sansekerta berarti ‘Sunya’ sepi dan ‘raga’ adalah jiwa. Jadi tempat ini diperuntukkan untuk mencari ketenangan. Sepintas dari luar taman ini berbentuk seperi candi. Namun ketika masuk ke dalamnya seperti masuk ke dalam gua dan berbentuk labirin.  Di tempat ini ada dua objek utama yakni gua dan pesanggrahan. Terdapat ruang rias dan ruang tidur di Pesanggarahan ini. Anda juga beristirahat di saung saung yang dipenuhi dengan rindangnya pohon. Terdapat banyak penjual souvenir juga di tempat ini. Lokasi taman ini terletak di Kesambi, Kelurahan Sunyarangi.

Untuk wisata belanja di Cirebon anda bisa mengunjungi :


1.       Batik Trusmi

Batik ini terletak di sepanjang jalan desa Trusmi, kecamatan Plered. Batik Trusmi merupakan oleh oleh khas Cirebon yang biasa dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke Cirebon. Oleh oleh ini banyak tersedia karena tiap warga di Cirebon memiliki usaha rumahan untuk memproduksi batik ini. Membeli batik di tempat ini jauh lebih murah daripada membelinya di mall dan pusat perbelanjaan lainnya.

Untuk wisata kuliner anda bisa mencoba :

-          Tahu gejrot, tahu ini biasanya sudah digoreng dan dipotong kecil. Biasanya dihidangkan dengan bumbu cabai,gula,dan bawang. Selain itu anda juga bisa mencoba nasi jamblang.  Nasi ini dihidangkan dengan sambal ati. Sambal nya merupakan cabai yang dipotong potong kecil dan memanjang. Biasanya nasi ini dibungkus dalam daun jati. Sehingga terlihat guratan murah yang berasal dari bungkusan daunnya. Anda bisa mencoba nasi jamblang ini dengan empal gentong. Kenapa dinamakan empal gentong ? Ini karena daging empang yang berkuah dimasak dalam gentong tanah liat.dan dibakar.

Demikian berbagai Wisata Murah Cirebon yang bisa anda coba. Semoga bisa menjadi referensi lengkap anda selamat berlibur ke Cirebon dengan dana terbatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Wisata Murah dan Menyenangkan Di Cirebon"

Posting Komentar