Daftar Tempat Wisata Kota Blitar Jawa Timur Yang Mempesona

Daftar Tempat Wisata Kota Blitar Jawa Timur Yang Mempesona – Blitar merupakan kota kecil yang sarat akan sejarah Indonesia. Semua orang pasti sudah sangat akrab dengan nama Blitar.

Blitar adalah salah satu kota di selatan Jawa Timur. Kota ini sangat akrab dengan sosok president pertama kita, Soekarno Hatta. Di kota inilah Soekarno dilahirkan sekaligus dimakamkan. Menjadi kota sejarah tokoh yang paling berbengaruh terhadap kemerdekaan Indonesia, tentu saja membuat Blitar menyimpan potensi wisata budaya dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, potensi keindahan alam juga menjadi pelengkap kekayaan objek wisata di Blitar.


Berikut Daftar Tempat Wisata Kota Blitar Jawa Timur Yang Mempesona :


1.       Makam Bung Karno

Daftar Tempat Wisata Kota Blitar Jawa Timur Yang Mempesona
Sumber Foto : Google

Makam Bung Karno adalah objek wisata populer dan menjadi tujuan utama berkunjungnya wisatawan ke Blitar. Hampir tiap hari tempat ini dipenuhi dengan wisatawan dari luar negeri ataupun wisatawan lokal.

Tempat ini terletak di desa Bendogerit atau berjarak 3 km di utara dari Kota Blitar. Bagi anda yang ingin mengenal lebih dalam sosok Bung Karno, anda patut mencoba mengunjugi kawasan ini. Untuk masuk ke makam Bung Karno anda tidak dikenai biaya masuk alias gratis.

Di dalam kompleks pemakaman, yang merupakan makam Bung Karno adalah bangunan joglo khas Jawa dan diapit oleh ayah dan ibu nya di sebelah kiri dan kanan.

Di area makam ini, anda juga dapat menemukan perpustakaan yang berisi buku buku hasil karya Bung Karno. Selain itu terdapat juga museum yang berisi barang barang peninggalan Bung Karno. Sebagai objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, maka tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang.

Anda bisa membeli souvenir untuk dibawa pulang saat yang banyak dijual di area pemakaman.

2.       Candi Penataran


Sumber Foto : Google

Candi Penataran merupakan objek wisata kedua yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini merupakan landmark untuk dunia wisata di Kota Blitar. Walaupun lokasinya sangat jauh dari Kota tak lantas membuat tempat ini jarang dikunjungi wisatawan. Alih alih jadi sepi tapi sebaliknya objek wisata ini ramai karena letaknya di pegunungan sehingga berhawa sejuk. Lokasi ini terletak di desa penataran, kec. Nglegok, Blitar atau di kaki gunung kelud.

Candi ini memilih history sejarah yang sangat panjang yakni dari Kerajaan Kediri, Singasari, dan Majapahit.  Konon sejarahnya candi ini dibuat oleh Raja Srengga yang merupakan raja Kediri. Hal ini terlihat dalam prasasti di daerah komplek Candi. Saat candi ini mulai runtuh, pembangunannya dilanjutkan oleh pemerintahan kerajaan berikutnya yakni Singasari dan Majapahit. Kemudian Candi ini mulai ditemukan oleh Stamford Raffles pada tahun 1815.

Candi ini merupakan tempat pengangkatan para raja dan tempat penyembahan Sang Pencipta. Dalam legenda yang berkembang di Masyarakat, dipercaya bahwa di candi inilah Gajah Mada mengucapkan sumpah nya yang terkenal yakni Sumpah Palapa untuk menyatukan nusantara di bawah kerajaan Majapahit.


3.       Pantai Serang

Daftar Tempat Wisata Kota Blitar Jawa Timur Yang Mempesona
Sumber Foto : Google

Pantai ini terletak di desa Serang atau membutuhkan jarak 40 kilometer dari Blitar. Letaknya di pesisir Samudra Hindia membuat pantai ini memiliki bibir pantai yang sangat panjang. Pasir putih dan landai serta ombaknya yang tidak terlalu tinggi membuat wisatawan bisa puas berenang, memancing, dan melakukan wisata air lainnya. Selain itu, di pantai ini juga selalu diadakan upacara Larung Sesaji yang diadakan setiap tanggal 1 Syuro.

4.       Pantai Pangi

Daftar Tempat Wisata Kota Blitar Jawa Timur Yang Mempesona
Sumber Foto : Google

Pantai Pangi merupakan pantai yang terletak di sebuah teluk. Pantai ini terletak di ujung Barat kota Blitar. Anda bisa mencapai pantai ini menggunakan sepeda motor dan hanya membutuhkan 90 menit. Untuk memasuki pantai ini anda bisa melalui pintu masuk di dusun Kerajan yang terletak di desa Tumpak Kepuh. Selain menikmati suasana pantai, anda bisa mencoba berwisata di gua dan menikmati keindahan Stalakmit dan Stalaktit. Selain itu gemirick air bisa menjadi keseruan tersendiri saat berpetualang di gua ini. Karena pantai ini masih terintegrasi dengan gua Umbultuk.

5.       Pantai Peh Pulo

Daftar Tempat Wisata Kota Blitar Jawa Timur Yang Mempesona
Sumber Foto : Google

  Pantai ini memiliki gugusan pulau karang di depannya, membuat pemandangan pantai Peh Pulo ini menakjubkan bagi para wisatawan. Pantai ini terletek di desa Sumberasih, Kecamatan Panggungrejo, Blitar.

Butuh waktu 90 menit dari kota Blitar untuk mencapai pantai ini menggunakan mobil . Untuk menuju pantai ini menggunakan kendaraan, anda harus sangat berhati hati karena kita harus melewati hutan dan perbukitan dan jalanan yang licin. Namun, untungnya kita bisa langsung menuju pantai tanpa harus parkir jauh.

Ombak pantai ini tidak begitu besar, sehingga kita bisa berenang atau olahraga air lainnya. Bagi yang tidak minat untuk berenang, anda bisa duduk santai di pantai sembari bermain pasir putih.


6.    Kedung Entong



Tempat wisata Blitar selain pantai adalah Kedung Entong. Entong? Dalam bahasa Jawa, entong adalah centong untuk mengambil nasi. Kenapa kok dinamakan begitu? Warga di sekitar Kedung Entong memberikan nama seperti itu karena kedung berbatu ini sangat mirip dengan centong pengambil nasi.

Meskipun memiliki nama yang unik, namun keindahan Kedung Entong sudah tersiar dan tersebar kemana-mana lewat media sosial seperti Instagram, Twitter, Tumblr, dan beberapa media sosial lainnya. Kalau anda masih ragu dan skeptic akan keindahan Kedung Entong, anda bisa mengetikkan nama ìKedung Entongî di kolom pencarian Google maupun di kolom pencarian social media anda seperti Instagram dan lainnya.

Kedung Entong ini terletak di Desa Pulorejo, Kecamatan Bakung, Blitar. Untuk menuju ke sana agar dapat menikmati keindahan Kedung Entong sepertinya anda harus berjuang cukup keras karena letak Kedung Entong cukup tersembunyi. Namun, karena cukup tersembunyi itulah Kedung Entong masih jarang dikenal public dan masih jarang dikunjungi sehingga suasananya masih asri dan sepi, tidak ramai dan berisik seperti tempat wisata yang sudah booming duluan.

Jika anda tertarik untuk membuktikan keindahan Kedung Entong, Anda harus melewati jalanan yang sudah tua, rusak, dan waktunya pensiun. Selain itu anda juga masih harus melawati sungai sepanjang kurang lebih 250 meter.

Jika anda merasa tertantang dengan medannya, silahkan dibuktikan sendiri dan nikmatilah keindahan Kedung Entong jika anda sudah sampai di sana nanti.

7. Kampung Coklat



Tempat wisata Blitar Kampung Coklat ini tenarnya sudah kemana-mana. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang mengunjunginya. Tak hanya warga Blitar saja yang mengunjunginya, melainkan warga dari luar Kota Blitar juga sudah mulai banyak yang mengunjungi Kampung Cokelat.

Jika anda ingin mengunjungi Kampung Coklat, Kampung Coklat beramatkan di Jl. Banteng Blorok No. 18 Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. Jika anda berangkat dari Kota Blitar, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk mencapai lokasi Kampung Coklat.

Untuk dapat masuk ke area Kampung Coklat, anda diharuskan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- (dapat berubah sewaktu-waktu) per orang. Murah? Banget! Ketika anda memasuki area wisata ini, hidung anda pasti langsung dapat menangkap aroma coklat yang semerbak.

Kemudian anda akan disuguhi dengan pepohonan coklat yang sudah ditata hingga terlihat rapi dan juga anda akan melihat beberapa outlet yang menjual berbagai hasil olahan coklat seperti ice cream coklat, mie coklat, dan makanan lainnya berbahan dasar coklat lainnya.

Di Kampung Coklat ini ada beberapa fasilitas yang akan anda dapatkan selain outlet kuliner, yaitu : panggung hiburan, kebun pembibitan coklat, dan cooking class. Tertarik mengunjungi?

8. Goa Luweng



Goa ini dinamakan Goa Luweng karena adanya keberadaan air terjun yang dapat melewati goa hingga airnya dapat mengalir di sungai bagian bawahnya. Selain itu, Goa Luweng adalah tempat wisata Blitar yang wajib dikunjungi. Kenapa? Karena Goa Luweng memiliki pemandangan yang sangat indah.

Kedalaman Goa Luweng ini tak terlalu dalam, mungkin hanya sekitar 50 m. Namun, anda dapat melihat pemandangan berupa grojokan yang tumpah dari atas goa bak air terjun dan bahkan genangan dari grojokan tadi pun memiliki warna yang sangat bening, bahkan sekilas menyerupai warna hijau kebiruan.

Goa Luweng ini memiliki 2 pintu, yang pertama adalah pintu masuknya air dan yang kedua adalah pintu keluarnya air. Jika anda penasaran akan keindahan grojokan air terjunnya, maka anda bisa masuk ke Goa Luweng melalui pintu keluarnya.

Untuk menuju ke Goa ini anda harus pergi ke Dusun Prodo di Desa Ngrejo, Kecamatan Bakung, Blitar. Jika anda dari Blitar, maka ambillah arah Kademangan lalu menuju Kecamatan Bakung, yaitu ke arah Monument Trisula. 1 km sebelum Monumen Trisula ada sebuah pertigaan kecil lalu ambillah arah ke kanan menuju ke Dusun Progo.

Anda bisa mengikuti jalan tersebut hingga menemui banner petunjuk ke Goa Luweng.

9. Curug Badrun

Selanjutnya ada tempat wisata daerah Blitar yang disebut dengan Curug Badrun. Karena keindahan objeknya, Curug Badrun ini selalu ramai pengunjung pada hari biasa maupun pada hari libur. Curug atau air terjun yang berlokasi di Dusun Bakung, Desa Bakung, Kacamatan Bakung, Blitar ini ternyata terdiri atas curug yang bertingkat dan juga kedung di bawahnya yang bisa anda jadikan sebagai tempat renang bersama kawan.


Demikian panduan tentang Daftar Tempat Wisata di Kota Jember Yang Menarik yang bisa membuka mata anda tentang keindahan objek wisata di daerah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Tempat Wisata Kota Blitar Jawa Timur Yang Mempesona"

Posting Komentar