Tips dan Trik Untuk Bisa Wisata di Pulau Seribu dengan Harga yang Murah

Wisata Murah Ke Pulau Seribu - Jakarta sebagai ibukota dengan segala hiruk pikuk nya membuat banyak orang kantoran yang selalu ingin mencari suasana rileks untuk melepaskan diri dari kepenatan. Namun dengan kondisi sebagai anak kantoran yang biasanya terbatas mendapat izin cuti, tentu tidak bisa memilih tempat liburan yang jauh jauh dari Jakarta. Untuk mensiasati nya agar bisa tetap liburan, kita bisa memilih Referensi Tempat Liburan Murah di Jabodetabek. Namun bagi anda yang mencari liburan ke pulau dan pantai pasir putih, Jakarta memiliki pulau Seribu untuk memanjakan pecinta bahari. Untuk akses ke Pulau Seribu pun tergolong murah. Anda bisa memilih untuk tinggal di Pulau mana disana, dikarenakan banyak sekali pulau di kepulauan seribu yang bisa dijadikan destinasi wisata. Melalui tulisan ini saya akan membagikan tips dan trik liburan murah ke Pulau Seribu. Tapi khususnya ke Pulau Tidung.

Tips dan Trik Liburan Murah Ke Pulau Seribu
Sumber Foto : Wikipedia


Berikut tips dan triknya Wisata Murah Ke Pulau Seribu :




1. Akses Menuju Pulau Seribu

Untuk anda yang tinggal di Jakarta, anda bisa memanfaatkan Transjakarta untuk menuju pelabuhan muara angke. Pelabuhan ini merupakan gerbang untuk mengantarkan kita ke Pulau Tidung dan pulau pulau lain di kepulauan seribu. Anda turun di halte Stasiun Kota. Dari situ naik angkot menuju muara angke jurusan senen-muara angke. Setelah sampai di pelabuhan tinggal mencari kapal yang akan menuju Pulau Tidung. Jadwal berangkatnya jam 07.00 pagi, jadi usahakan tiba di pelabuhan jam 06.00 pagi. Harga tiketnya antara 35 - 45 ribu. Dan anda harus jago nawar untuk mendapatkan tiket murah, karena ini bukan harga mutlak. Apalagi jika anda pergi rombongan, anda mungkin bisa mendapatkan tiket 25 ribu per orang.

2. Pilihlan Akomodasi Murah

Untuk mencari akomodasi murah di pulau Tidung sangat lah mudah. Ada banyak homestay warga yang disewakan di sini. Biasanya mereka menyewakan nya 1 rumah dan bisa ditempati 15 orang. Untuk harga sewa nya sendiri di kisaran 400-500 ribu per malam. Jika anda pergi rombongan ini tentu keuntungan buat anda. Namun jangan mengharapkan kemewahan untuk itu. Biasanya satu rumah hanya mempunyai 2 atau 3 kamar yang harus ditempati dengan banyak orang. Selebihnya bisa tidur di ruang tamu. Kamar mandi yang disediakan juga hanya 1 atau 2 kamar mandi. Namun keuntungannya dengan harga itu anda sudah bisa mendapatkan makan malam.


2. Memilih Tempat Makan Murah

Untuk urusan makan anda bisa dengan mudah mendapatkan banyak warung untuk makan. Harga nya pun sangat terjangkau. Jika anda ingin BBQ, anda bisa menghubungi pemilik homestay untuk bertanya nelayan yang menjual hasil tangkapannya. Dan siapa tahu bisa diberikan harga murah dengan memanfaatkan kenalan pemilik rumah.

3. Atraksi Wisata

Kegiatan utama wisata di sini adalah snorkeling, banana boat, bersepeda, atau hunting sunrise/sunset di jembatan cinta. Untuk snorkeling ikutlah paketnya. Harga nya biasanya murah, hanya sekitar 55 ribu per orang sudah lengkap dengan kapal dan peralatan snorkeling. Atau jika anda ingin menentukan sendiri pulau yang akan anda kunjungi untuk snorkeling atau hopping island anda bisa menyewa kapal dengan tarif 400 - 500 ribu per hari dan sewa alat snorkeling 50 ribu per set. Lebih hemat lagi bawalah alat snorkeling anda jika punya. Untuk banana boat sendiri harga nya lumayan mahal yakni 250 ribu . Wisata gratis adalah hunting sunrise/sunset di jembatan cinta tentunya. Jembatan ini merupakan icon dari pulau Tidung. Atau jika anda ingin bersepeda di pulau anda bisa menyewanya dengan biaya 15 ribu per hari.

Nah, di bawah ini adalah beberapa pulau yang berada di Kepulauan Seribu yang dapat anda kunjungi jika anda berniat untuk melakukan wisata murah ke Pulau Seribu:

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung


Pulau Tidung ini dapat dikatakan sebagai pulau paling terkenal di Pulau Seribu. Kalau tak percaya coba saja anda mencari tentang liburan murah ke Kepulauan Seribu atau tentang informasi wisata lainnya yang berkaitan dengan Pulau Seribu, pasti akan banyak situs-situs yang menyebutkan tentang Pulau Tidung ini.

Pulau ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan oleh Jembatan Cinta yang tak pernah sepi oleh wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa mengambil foto dengan pasangan, teman, maupun keluarga di Jembatan Cinta. Selain itu, anda juga bisa melompat langsung dari Jembatan Cinta untuk berenang di laut. Seru, kan?

Selain Jembatan Cinta, ada juga pusat budidaya mangrove yang ada di Pulau Tidung Kecil, jika anda ingin mengedukasi si kecil tentang bagaimana caranya untuk dapat menanam mangrove dan juga pentingnya peran mangrove dalam menahan ombak agar tak terjadi abrasi, maka Pulau Tidung Kecil dapat menjadi tempat yang tepat untuk anda kunjungi.

2. Pulau Bira

Pulau Bira


Pulau yang satu ini berada di utara Kepulauan Seribu, karena itulah untuk menuju ke sana anda harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 4 jam dari Muara Angke dan juga anda harus transit dulu di Pulau Harapan sebelum akhirnya bisa sampai di Pulau Bira.

Begitu sampai di Pulau Bira, anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Dengan air yang bening sekali dan terlihat berwarna biru kehijauan, anda dapat melihat ikan-ikan kecil yang sedang asyik berenang.

Konon, dulu di Pulau Bira terdapat resot yang fasilitasnya sangat lengkap bahkan ada heli-pad dan juga lapangan golf 9-holes! Entah apa yang menyebabkan pemilik Pulau Bira menelantarkan resort tersebut.

Dibandingkan dengan Pulau Tidung yang dipadati banyak wisatawan, Pulau Bira dapat dikatakan masih perawan. Di Pulau Bira anda akan merasakan sensasi yang private, serasa berlibur di pulau sendiri karena memang hanya ada beberapa cottage saja yang ada di Pulau Bira. Keluarga yang tinggal di sana pun juga hanya keluarga dari penjaga pulau.

Anda tak perlu khawatir dengan biaya, cukup dengan 320 IDR (harga dapat berubah sewaktu-waktu) per pax, anda sudah mendapatkan cottage, makan, dan peralatan snorkeling. Murah, kan? Ya, Pulau Bira memang dapat menjadi salah satu tips liburan murah ke Pulau Seribu yang tak menghabiskan biaya.

3. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun


Pulau Semak Daun hanya berjarak sekitar 30 sampai 45 menit dari Pulau Pramuka. Di pulau ini tidak ada penginapan ataupun homestay. Jadi, bagi anda yang ingin berlibur tapi agak merasa jenuh dengan suasana penginapan, maka anda dapat coba untuk mengunjungi Pulau Semak Daun. Ya, bisa dibilang bahwa Pulau Semak Daun adalah bumi perkemahannya Kepulauan Seribu.

Berkemah atau camping di Pulau Semak Daun dapat menjadi salah satu cara murah liburan ke Pulau Seribu. Untuk dapat berkemah di Pulau Semak Daun, anda bisa membawa tenda sendiri dari rumah atau menyewanya lalu membayar retribusi atau biaya sebesar Rp 35.000,- (bisa berubah sewaktu-waktu) atau anda juga bisa menyewa tenda yang harganya berkisar antara Rp 50.000,- hingga Rp 80.000 (harga dapat berubah) tergantung dari kapasitas tenda.

Pulau berukuran mini ini hanya memiliki ukuran sebesar 5 hektar saja, jadi bila anda ingin berkeliling-keliling hanya akan dibutuhkan waktu 5 menit untuk melakukannya. Dan jika anda kehabisan persediaan logistik atau makanan, anda tak perlu khawatir karena di Pulau Semak Daun juga terdapat warung walaupun warungnya hanya sebuah saja. Selain itu, di sini anda juga bisa melakukan kegiatan ala-ala camping, seperti bakar-bakaran, BBQ party, atau anda juga bisa berenang di pinggiran pulau. Keren, kan?

4. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka


Pulau yang satu ini tak jauh beda dengan Pulau Tidung, ya mereka berdua sama-sama padat penduduk. Namun ternyata Pulau Pramuka-lah yang hadir terlebih dahulu sebelum Pulau Tidung dan pulau-pulau lainnya muncul ke permukaan.

Pulau yang berjarak sekitar kurang lebih 2,5 km dari Muara Angke ini dapat anda tempuh dengan perahu rakyat dengan biaya Rp 30.000,- sekali jalan. Untuk penginapan, anda tak perlu khawatir karena mencari penginapan bukan pekerjaan yang susah di Pulau Pramuka. Namun tetap saja anda harus melakukan reservasi jika anda berlibur ke Pulau Pramuka pada saat hari libur.

Ketika anda baru sampai di Pulau Pramuka biasanya ada beberapa orang yang mendatangi anda untuk menawarkan perjalanan ke pulau-pulau lainnya (Pulau Bira, Pulau Semak Daun, dll.), menawarkan penginapan atau homestay, atau bahkan menawarkan fasilitas snorkeling. Jika ada orang yang seperti itu, cobalah menawar harga yang diberikan orang tersebut agar pengeluaran anda tak membengkak kemana-mana.

Jika anda sedang mencari penginapan murah agar dapat melaksanakan liburan murah ke Pulau Seribu, maka anda lebih baik mencari homestay yang harganya lebih ramah dan bersahabat di kantong ketimbang harga penginapan.


Demikian Tips dan Trik Liburan Murah Ke Pulau Seribu yang bisa anda praktekkan saat berlibur ke Pulau Seribu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Trik Untuk Bisa Wisata di Pulau Seribu dengan Harga yang Murah"

Posting Komentar