Daftar Tempat Wisata Di Kota Depok Jawa Barat

Daftar Tempat Wisata Di Kota Depok Jawa Barat – Depok adalah kota yang dulunya merupakan kota kecamatan dalam wilayah kabupaten Bogor. Namun berubah menjadi kota adminstratif pada tahun 1982 dan pada tanggal 20 April 1999, Depok resmi menjadi Kotamadya sendiri dan lepas dari Kabupaten Bogor. Depok terletak di sebelah selatan Ibukota dan berada ditengah tengah antara Jakarta dan Bogor. Untuk akses menuju Depok sangat lah mudah karena banyak transportasi umum yang dapat menjangkaunya. Menurut sejarah, kata Depok beraasal dari bahasa Sunda yang berarti tempat untuk bertapa.  Namun versi lain menyebutkan juga bahwa Depok merupakan singkatan dari De Earste Protestans Onderdaan Kerk yang berarti sebuah gereja Kristen rakyat yang pertama. Kota Depok dan sekitarnya menyimpan berbagai macam wisata yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu libur anda. Objek wisata yang dimiliki terdiri dari wisata alam, wisata religi, dan wisata kuliner.

Berikut Daftar Tempat Wisata Di Kota Depok Jawa Barat :

Wisata Alam

1.Taman Wisata Pasir Putih

Daftar Tempat Wisata Di Kota Depok Jawa Barat

Taman wisata ini merupakan salah satu wahana air yang sangat cocok untuk menjadi pilihan liburan anda bersama anak dan keluarga. Anda akan puas basah basahan bermain air di tempat ini. Tempat wisata ini tergolong baru di kota Depok karena baru dibuka sekitar tahun 2011. Untuk menuju ke wahana ini, anda akan melalui jalanan Kampung karena lokasi nya yang berada jauh dari kota. Namun hal ini akan memberikan pengalaman menarik untuk anda dan buah hati yang sudah bosan dengan pemandangan kota. Tempat ini berada di jalan pasir putih, Depok. Lokasinya berada tidak jauh dari pertigaan yang menuju pondok Zidane dan berada di belakang perumahan Sawangan Permai, Tugu Sawangan . Saat datang pada hari Senin-Kamis, Harga tiket yang harus anda bayar adalah Rp.12,000 untuk dewasa dan Rp. 10,000 untuk anak anak. Sementara jika anda datang pada hari Sabtu – Minggu tiketnya untuk dewasa dibandrol dengan harga Rp.15,000 dan untuk anak anak seharga Rp.12,000. Khusus hari Jum’at, tempat ini tidak dibuka namun jika bertepatan dengan libur Nasional akan dibuka.  Jenis wisata yang ditawarkan di sini adalah flying fox, ATV, waterpark, playground, dan masih banyak lagi. Waterpark sendiri terbagi menjadi 3 wahana yang terdiri dari air mancur, seluncur, dan tong tumpah. Untuk permainan flying fox anda harus membayar Rp.20,000 untuk dewasa dan Rp.15,000 untuk anak anak. Selain permainan tersebut terdapat permainan lain juga yang bisa anda nikmati yakni pemancingan, trampolin, bungy trampolin, dan bungalaw.  Setelah puas bermain air, anda bisa menyantap kuliner yang bisa dibeli di warung makan sekitar kawasan tersebut. Jika anda ingin menikmati bersantai di bawah pohon rindang bisa juga menyewa tikar dengan harga Rp.10,000.

2.Godong Ijo
Daftar Tempat Wisata Di Kota Depok Jawa Barat

Objek wisata yang satu ini merupakan tempat untuk pembibitan tanaman hias. Gedung ijo memiliki area seluas 2,5 hektare. Sehingga dengan luas tersebut, tempat ini juga menyediakan kolam pemancingan ikan beserta rumah makan di dalamnya. Mengunjungi tempat ini menjadi pilihan menarik untuk anda dan keluarga, karena Gedung Ijo menawarkan banyak kesenangan selama berlibur di tempat ini. Ada banyak program yang dirancang untuk media pembelajaran bagi anak dan juga untuk membangun kekompakan antarkaryawan di Perusahaan. Sehingga Gedung Ijo juga menawarkan Company Gathering dan Family Gathering package sebagai pilihan untuk mengisi waktu libur. Tempat ini berlokasi di Jalan Cinangka Raya Kilometer 10 No.60 Serua, Bojongsari , Sawangan Depok. Objek wisata ini dibuka tiap hari untuk hari Senin - Sabtu jam 09.00-17.000 dan saat hari libur buka jam 09.00-18.00 WIB. Pilihan permainan yang ditawarkan di tempat ini adalah Young Greeners. Program ini dirancang untuk membentuk kepedulian anak terhadap lingkungan. Di dalam program ini terdapat berbagai permainan yang bersifat edukasi seperti Brain Games, pertunjukan Opera tentang stop global warming, outbound games, Brain Gymanstic, Fast learning Camp, Planting Class, dan Reptile Corner.  Hal lain yang bisa anda lakukan untuk yang suka berkebun adalah mencoba menanam tanaman hias. Selain tanaman hias, tempat ini juga ditumbuhi berbagai macam obat yang jarang ditemukan di luar, sehingga sering disebut apotik hidup. Atas program program yang dirancang tersebut dengan konsep play, green, and smart, Gedung Ijo mendapatkan penghargaan Amazing Garden Se-Asia Tenggara. Jika sudah bosan dengan kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan, anda bisa mencoba bersantai sambil menikmati kuliner di Botanical Cafe. Hidangan yang bisa ditemukan di sini adalah makanan Thailand dan Indonesia. Ketika memasuki cafe ini, anda seperti memasuki sebuah hutan karena konsepnya dibuat di tempat terbuka layaknya hutan di tengah kota. Berbagai fasilitas yang bernuansa alam seperti tanaman hias dan berbagai macam ikan hias menjadi pelengkap keasriannya. Cafe ini sangat cocok untuk menjadi tempat meeting, kumpul bersama keluarga, atau bertemu relasi bisnis. Menu andalah di cafe ini adalah ikan gurame baik disajikan dengan cara digoreng ala Thailand dan bersama sambal Thailand, Gurame bakar, atau Gurame Pecak. Selain itu anda juga patut mencoba menu bebek peking kalasan atau menu seafood. Anda bisa menyantap makanan tersebut di cafe dengan nuansa taman yang asri atau bisa juga di saung saung dekat sungai sambil mengamati berbagai macam ikan hias yang dipelihara . Perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk makan di tempat ini adalah 8 ribu sampai 55 ribu rupiah. Untuk minumannya sendiri anda akan mengeluarkan biaya 3 ribu sampai 12 ribu rupiah.

Baca juga : Daftar Objek Wisata Di Purwokerto Jawa Tengah Yang Menarik

Wisata Religi

1.Mesjid Kubah Emas

Daftar Tempat Wisata Di Kota Depok Jawa Barat

Mesjid Kubah Emas Depok merupakan destinasi wisata yang populer dikunjungi wisatawan. Objek wisata ini didirikan oleh Hj.Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, seorang pengusaha asal Banten. Mesjid ini dibangun tahun 2001 dan baru diresmikan Tanggal 31 desember 2006 yang bertepatan dengan idul Adha. Objek wisata ini berlokasi di Jalan raya Meruyung – Cinere, Kec.Limo, Depok. Mesjid ini merupakan mesjid termegah di kawasan Asia Tenggara dan dapat menampung sekitar 15,000 jamaah dan 20,000 peserta majelis Taklim. Konsep pembuatan mesjid ini meniru gaya mesjid dari India dan Persia yang dibalut dengan mozaik dengan lapisan emas 24 karat. Banyak keluarga yang berkunjung ke tempat ini bukan hanya untuk beribadah tapi juga dijadikan tempat bersantai. Beberapa wisatawan datang mengunjungi mesjid ini karena ingin melihat kubahnya yang terbuat dari emas. Keunikan dari mesjid  kubah emas Depok adalah :

- Emas ini terdiri dari 5 kubah yang terbuat dari emas murni dengan ketebalan 2 dan 3 milimeter dan juga Mozail Kristal.
- 1 kubah utama dibuat menyerupai kubah Taj Mahal denga diameter tengah yakni 20 meter, diameter bawah 16 meter dan tinggi 25 meter. Sedangakna 4 kubah yang lain memiliki diameter tengah 7 meter, diameter bawah 6 meter, dan memiliki tinggi 8 meter.
- Selain kubahnya yang terbuat dari emas, tempat imam juga dibuat dari lapisan emas sebesar 18 karat. Begitu pun pagar yang berada di lantai 2 dan hiasan kaligrafi di langit langit mesjid.
- Mesjid ini terletak di kawasan Islamic Center Dian Al Mahri dan mempunyai luas sekitar 8000 m2. Dibangun di atas lahan seluas 70 hektar.
- Terdapat sebuah lukisan yang dibangun di langit langit mesjid yang berubah warnanya mengikuti cahaya mentari dan dibantu dengan teknlogi komputer. Sehingga lukisan ini disebut lukisan langit.
- Mesjid ini juga memiliki menara setinggi 40 meter sebanyak 6 menara.

Akses menuju tempat ini dari terminal Depok adalah menaiki angkot no 3 kemudian turun di pertigaan Parung Bingung. Selanjutnya bisa naik ojek dengan jarak 7 km lagi. Setiap hari libur nasional dan akhir pekan, mesjid ini bisa dikunjungi wisatawan hingga 50.000 orang.

Wisata Kuliner

Pusat wisata kuliner yang terkenal di Kota Depok adalah di sepanjang jalan Margonda. Anda bisa mendapatkan makanan yang terkenal di sini seperti es pocong, resto steak, soto soto, mpek mpek, toko roti, mia ayam berkat, dan masih banyak lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Tempat Wisata Di Kota Depok Jawa Barat"

Posting Komentar