Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur  - Jika berbicara tentang kota Probolinggo, kita tidak akan pernah menyangsikan bahwa di kota ini memiliki banyak Objek Wisata. Probolinggo sendiri merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kota ini berbatasan dengan kabupaten Lumajang dan Malang di sebelah Selatan, sebelah Timur berbatasan dengan Jember dan Situbondo juga memiliki garis pantai karena berbatasan dengan Selat Madura di sebelah Utara. Probolinggo mempunyai beberapa gunung yang mengelilinginya yakni Gunung Semeru, Gunung Argopuro, dan Pegunungan Tengger. Karena memiliki daerah dengan kekayaan dan keindahan alam yang tumpah ruah, tak heran jika Hayam Wuruk yang merupakan raja dari Majapahit pernah menghabiskan waktu duduk bersantai di tempat ini sambil menikmati keindahan alam. Tempat itu kemudian dinamakan Prabu Singgih yang berarti Raja duduk dan berkembang menjadi Probolinggo yang menandai asal nama kota Probolinggo itu sendiri.

Beberapa Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi :

1.Gunung Bromo

Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur  Yang Wajib Dikunjungi

Objek wisata ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan tiap bulannya. Gunung ini tidak pernah sepi menjadi incaran destinasi wisatawan dari berbagai Kota. Lokasi nya terletak di antara kabupaten proboliggo, malang, lumajang, dan pasuruan. Jangan lupa membawa baju hangat ketika mengunjungi gunung ini, karena udara di gunung sangat dingin. Jika anda ingin melihat pemandangan sunrise terbaik, cobalah datang ke tempat ini tepatnya di Pananjakan 1 atau 2. Dari gunung ini kita bisa melihat pemandangan sunrise yang terbit dari bawah pegunungan semakin naik semakin indah. Banyak para fotografer yang selalu berburu sunset terbaik di gunung ini. Gunung bromo mempunyai ketinggian sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut. Bentuk gunungnya sendiri bertautan antara lembah dan gurun pasir yang mempunya luas sekitar 10 km2. Bagi yang berkunjung ke Bromo akan mengunjungi spot kawah yang memiliki garis tengah sekitar kurang lebih 800 meter di sebelah utara dan selatan. Kemudian untuk barat dan timur, kawahnya memiliki garis tengah sekitar kurang lebih 600 meter. Kawasan paling berbahaya adalah sebuah lingkaran dari pusat kawah Bromo dengan Jari Jari sebesar 4 km Spot lainnya yang akan dikunjungi adalah pasir berbisik. Tempat ini sebenarnya gurun pasir yang dinamakan seperti itu karena lokasinya pernah dipakai untuk pembuatan sebuah film dengan judul pasir berbisik.  Anda bisa menuju tempat ini dengan menggunakan kuda atau offroad memakai mobil Jeep. Kita bisa mengunjungi beberapa gunung lainnya yang berada di dekat gunung Bromo yakni Gunung Tengger, Gunung Semeru, dan gunung Batok. Saat mengunjungi Gunung Bromo tetap harus waspada karena gunung ini masih tergolong aktif dan meletus 30 kali dalam setahun. Terdapat ritual adat yang sering dilakukan setahun sekali oleh suku Tengger saat bulan purnama tiba yakni saat bulan purnama tanggal 14 dan 15 Kasodo yakni saat bulan purnama di Bulan Januari atau Desember . Upacara ini dilakukan di sebuah pura di bawah kaki gunung Bromo di sebelah Utara dan dilanjutkan menuju puncak gunung Bromo. Upacara ini bertujuan untuk mensucikan gunung Bromo dan berterima kasih terhdap dewa dewa yang mendiami gunung Bromo karena telah diberikan rahmat berupa hasil panen yang melimpah dan keberuntungan hidup lainnya.

2.Gunung Argopuro

Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

Gunung Argopuro adalah gunung yang terletak di kabupaten Probolinggo dan merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Ketinggian gunung ini mencapai 3.088 meter di atas permukaan laut dan masih merupakan bagian dari pegunungan Iyang. Gunung ini memiliki beberapa puncak, namun puncak yang paling terkenal adalah puncak Rengganis. Di puncak ini terdapat peninggalan purbakala yakni sebuah teras berundak dengan 3 kompleks area dan terdapat 5 bekas sebuah bangunan di dalamnya. Dipercaya reruntuhan tersebut adalah bekas sebuah kerajaan Dewi Rengganis.

3.Air Terjun Madakaripura

Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur  Yang Wajib Dikunjungi

Air terjun ini masih berada di kawasan wisata gunung Bromo, sehingga jika perjalanan pulang dari Bromo anda akan mendapatkan air terjun ini. Lokasi nya berada di kecamatan Lumbang. Anda bisa mencapai tempat ini dari Malang atau Probolinggo. Jika dari Probolinggo kita bisa menaiki bus ke arah Tongas. Minta diberhentikan di pertigaan Tongas dan dari situ lanjut naik angkot menuju Madakaripura. Air terjun ini sangat indah karena dikelilingi dengan bukit bukit yang hijau. Air terjun ini berbentuk ceruk kemudian dikelilingi oleh bukit dan air terjun nya mengalir di sela sela tebing bukit tersebut. Kemudian 3 dari air terjun itu mengalir deras dan membentuk air terjun lagi. Bagi yang suka fotografi, bisa mengambil foto menarik dari pemandangan alam yang unik ini. Air terjun ini memiliki gua yang bisa dimasuki ketika melintasi air terjunnya. Namun anda jangan pernah memasuki gua tersebut jika tidak memiliki pemandu asli dari desa tersebut.

Baca juga : Wisata Bandungan Ungaran Semarang Jawa Tengah

4.Pulau Gili Ketapang

Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

Pulau ini terletak 8 kilometer dari bibir pantai Probolinggi. Luas pulai ini mencapai 68 hektar dan dihuni oleh penduduk madura asli. Pulau ini adalah pulau yang berada di Selat Madura.  Akses menuju pulau ini bisa dari pelabuhan tanjung tembaga. Gili Ketapang berasal dari kata Gili yakni mengalir dan Ketapang yang merupakan nama daerah tersebut. Konon ceritanya pulau ini sebenarnya menyatu dengan Pulau Jawa, namun karena terjadi letusan Gunung Semeru yang sangat dahsyat membuat pulau ini terpisah dan membentuk pulau sendiri. Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau ini adalah snorkeling karena masih memiliki alam bawah laut yang masih terjaga.

5.Arung Jeram Sungai Pekalen

Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

 Jika anda ingin merasakan sensasi yang lebih menantang dan memacu adrenalin anda bisa mencoba wisata arung jeram Sungai Pekalen. Jaraknya hanya 25 Kilometer dari kota Probolinggo. Kawasan ini terletak di 3 kecamatan yakni Maron, Gading, dan Tiris. Nah sungai Pekalen ini terletak di desa Ranu Gedang. Sungai ini punya banyak tebing dan curam serta batu batu yang sangat besar dan akan menjadi lintasan anda saat akan berwisata arung jeram. Area untuk wisata arung jeram memanjang hingga 29 kilometer dan terbagi atas 3 zona. Zona pertama memiliki panjang lintasan sejauh 12 kilometer, pakelan tengah memiliki panjang 7 kilometer, dan pakelan bawah mempunyai panjang 8 kilometer. Masing masing zona memiliki keunggulan tersendiri. Misalnya pakelan bawah mempunyai 32 jeram dan pakelan atas mempunyai 10 air terjun yang akan memompa adrenalin. Selain itu kita akan mendengarkan suara aneka satwa selama berarung jeram dan suara kelelawar yang berasal dari gua di antara sungai tersebut.

Demikian referensi Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang akan merencanakan liburan ke Probolinggo.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata Di Probolinggo Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar