Tips Asik Backpacker Ke Dieng Dari Jakarta

Tips Asik Backpacker Ke Dieng Dari Jakarta - Dieng merupakan objek wisata yang terletak di daerah Wonosobo Jawa Tengah. Tempat ini banyak dikujungi oleh wisatawan karena memiliki keindahan alam pegunungan serta tempat bersemayamnya para Dewa. Hal ini karena kita dapat menemukan banyak Candi di tempat ini. Selain itu, Dieng juga dijuluki sebagai negeri di atas awan, karena letaknya di ketinggian dan kita dapat melihat awan berada di bawah kita. Di sekitar objek wisata ini banyak terdapat gunung. Untuk bisa berlibur ke tempat ini sendirian tidak akan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Ini akan menepis keraguan anda ketika hendak berlibur sendiri ke tempat ini. Bagi anda yang berasal dari Jakarta, admin akan memberikan Tips Asik Backpacer Ke Dieng Dari Jakarta.

Tips Asik Backpacker Ke Dieng Dari Jakarta


Perjalanan dimulai dengan mempersiapkan transportasi yang akan digunakan menuju Dieng. Untuk menuju Deng, kita harus melewati Purwokerto, Wonosobo, sampai akhirnya bisa mendapati Dieng. Tips Backpacer pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan kereta untuk mengehemat biaya. Belilah tiket Ekonomi AC dari Pasar Senen Tujuan Purwokerto. Harga tiketnya berkisar di paling murah Rp.60,000. Walaupun ekonomi, namun anda tidak perlu khawatir karena kebersihannya sudah terjaga dan sangat nyaman karena sudah terdapat Kipas Angin. Toilet nya pun sudah terjaga kebersihannya, sehingga anda tidak perlu lagi khawatir dengan kenyamanannya. Untuk menuju Purwokerto, anda akan menempuh perjalanan sekitar 6 jam dari Jakarta. Untuk itu, usahakan lah untuk mengambil kereta pada malam hari sehingga bisa tiba di Purwokerto pada pagi hari. Setelah tiba di Purwokerto, anda bisa istirahat makan sebentar. Anda bisa mencoba Soto sebagai kuliner khas yang bisa ditemukan di dekat stasiun. Setelah perut kenyang dan stamina telah pulih kembali, anda melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot ke terminal wonosobo. Tarif angkotnya sangat murah yakni berkisar Rp.3,000. Anda akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit sebelum akhirnya tiba di terminal. Saat tiba di Terminal, anda tinggal memilih naik bus AC atau NonAC ke Wonosobo tergantung tingkat kenyaman anda. Jika anda memilih bus NonAC, tarif yang dikenakan hanya Rp.20,000. Perjalanan dari Purwokerto menuju Wonosobo membutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih 3 jam.

Saat tiba di Wonosobo, anda mencari bus ¾ jurusan Dieng. Untuk tarif bus NonAC adalah Rp.10,000. Dalam bus ini anda akan berdesak desak dengan banyak orang, karena kendaraan ini tidak pernah sepi tiap harinya. Namun, anda tidak perlu khawatir karena penderitaan anda tidak akan lama berlangsung. Hanya 1,5 jam perjalanan, anda sudah bisa tiba di Dieng. Saat berada di Dieng, anda akan disuguhkan dengan kemegahan Candi Arjuna yang menjadi alasan kenapa Dieng disebut sebagai negeri Para Dewa. Jika datang saat weekdays, anda akan leluasa berfoto dengan latar candi ini tanpa diganggu oleh banyak wisatawan yang kadang berebut berfoto juga di tempat ini. Selain itu, anda pun bisa bebas tiduran di rumpuh hijau Candi ini. Saat sore hari jangan lupa jalan jalan di sekitar kawasan ini sambil mencari kuliner khasnya. Mie Onglok dan Kentang Goreng merupakan kuliner khas yang sering diburu wisatawan saat berkunjung ke tempat ini. Setelah puas menikmati santapan kuliner khas tersebut, anda bisa mencari penginapan di sekitar objek wisata ini. Sebagai referensi, anda bisa memilih menginap di Penginapan Lesari dengan biaya per malamnya hanya Rp.50,000 per orang.

Agenda yang bisa anda lakukan keesokan harinya adalah hunting sunset di best point yakni Bukit Sikunir. Tempatnya yang berada di ketinggian akan membuat anda mendapatkan sunset yang sangat indah dengan semburat cahaya yang dihiasi deretan pegunungan. Dari penginapan untuk menuju tempat ini, anda bisa menggunakan ojek dengan tarif saat weekday Rp.50,000 per hari. Sementara saat weekend, anda akan dikenai charge sebesar Rp.75,000 – Rp.125,000. Dari tempat ini, anda bisa mengunjungi objek wisata selanjutnya yakni Telaga Warna. Alasan kenapa telaga ini dinamai Telaga Warna karena airnya memiliki warna hijau Toscha. Setelah puas berkeliling, anda bisa menikmati lantunan lagu dari para seniman di sekitar objek wisata ini. Atraksi ini pun sering menarik perhatian wisatawan asing. Layaknya seperti menyaksikan pertunjukkan Broadway di Luar Negeri. Objek wisata terakhir yang bisa anda kunjungi adalah Kawah Sikidang. Pemandangan yang anda akan dapatkan disini adalah lahan tandus dengan kepulan asap yang menghiasiya. Hal ini karena kawah ini merupakan kawah Vulkanik yang masih aktif, hampir mirip dengan kawah Putih di Jawa Barat.

Setelah semua kegiatan wisata selesai dilakukan dengan Tips Asik Backpacker Ke Dieng Dari Jakarta, anda bisa pulang ke Jakarta kembali dengan rute dan transportasi yang sama. Sehingga biaya yang akan anda keluarkan pun akan sama dengan ketika datang berkunjung. Selamat mempraktekkannya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Asik Backpacker Ke Dieng Dari Jakarta"

  1. Aku berencana mau liburan ke dieng, ada kontak yang bisa dihububgi gak buat nanya2? Terims

    BalasHapus