Tips Backpacker Ke Pulau Tidung Dari Bandung

Tips Backpacker Ke Pulau Tidung Dari Bandung - Siapa yang tak mengenal pulau Tidung  ? pulau ini selalu menjadi incaran warga Jabodetabek terutama Jakarta dan Bandung untuk menjadi tempat pelarian dari kepenatan kerja atau pun kegiatan kuliah. Pulau ini menyajikan pemandangan alam yang indah dengan pasir putih dan bawah laut yang masih terjaga. Berbagai macam kemudahan mendapatkan fasilitas seperti penginapan, olahraga air, makanan pun menjadikan pendukung bagi wisatawan untuk banyak berdatangan ke pulau ini. Namun, banyak yang sering bertanya apakah kita bisa melakukan perjalanan ala Backpacker ke Pulau Tidung dari Bandung ? Jawabannya tentu Ya.

Tips Backpacker Ke Pulau Tidung Dari Bandung

Berikut Tips Backpacker Ke Pulau Tidung Dari Bandung yang bisa dijadikan acuan untuk memulai liburan anda.

Tips yang pertama untuk anda warga Bandung adalah mulai lah perjalanan dari Bandung pada malam hari tepatnya pukul 00.00 WIB. Hal ini dikarenakan kapal ferry yang akan ke Pulau Tidung jadwal berangkatnya pukul 07.30 WIB dari pelabuhan Muara Angke. Kapal ini dipilih sebagai transportasi yang akan membawa anda ke Pulau Tidung karena memiliki tarif yang murah dibanding dengan speedboat. Bagi anda yang akan melakukan perjalanan dengan gaya backpacking, naiklah bus dari Terminal Leuwi Panjang menuju Terminal Kampung Rambutan Jakarta. Tarif yang anda akan keluarkan adalah Rp.45.000. Setelah tiba di Terminal Kampung Rambutan, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot warna biru muda menuju Grogol. Tarif angkotnya sendiri adalah Rp.2,000. Begitu anda tiba di Grogol, carilah angkot berwarna merah jurusan Muara Angke dengan tarif Rp.2.000.  Anda akan diturunkan di pelabuhan Muara Angke, setelah tiba cepat cepatlah membeli tiket karena pasti akan banyak penumpang yang mempunyai tujuan yang Sama ke Pulau Tidung untuk berwisata. Harga tiketnya sendiri adalah Rp.33,000 per orang. Agar anda mendapat tempat duduk di dalam, anda harus jadi orang pertama yang masuk ke kapal. Karena prinsipnya siapa cepat dia yang dapat. Perjalanan dengan kapal ferry akan memakan waktu selama kurang lebih 3,5 jam. Kemungkinan besar, anda akan tiba di Pulau Tidung pukul 10.00 pagi. Setelah tiba di Pulau Tidung, jangan terburu buru untuk menerima ajakan dari para calo homestay. Tetap tenang dan nikmati terlebih dahulu udara segar pulau ini. Harga yang biasa diberikan oleh para calo melonjak tinggi dari harga aslinya.

Baca juga : Tips Backpacker Murah Ke Singapore

Penginapan yang disediakan di Pulau Tidung sangat beraneka ragam tergantung budget dan posisi penginapan. Harga penginapan yang memiliki view pantai, tentu akan lebih mahal ketimabang penginapan yang berada di dalam. Tarif penginapan berkisar di harga Rp.150.000 hingga Rp.450.000 per malam. Akan lebih hemat jika anda membawa banyak teman teman anda, karena penginapan ini berupa homestay yang bisa menampung kurang lebih 8 orang di dalamnya. Jika anda datang bersama rombongan, tentu biaya ini bisa share cost. Salah satu rekomendasi penginapan yang letaknya di pinggir pantai adalah Penginapan Mutiara. Tarifnya per malam adalah Rp.300,000 lengkap dengan AC dan Spring bed.  Setelah urusan penginapan selesai, anda tinggal mencari sepeda untuk disewa selama beraktivitas di Pulau Tidung. Ini karena pulau ini sangat luas untuk dijangkau dengan jalan kaki. Tapi tenang, tarif sewa sepeda di pulau ini sangat lah murah yakni Rp.15,000 per hari. Anda bisa mengunjungi jembatan cinta saat sore hari sambil menikmati sunset. Makanan yang disediakan di pulau ini pun masih bisa didapatkan murah di warung warung. Pengeluaran untuk biaya makan per hari berkisar di harga Rp.15,000 – Rp.20,000 tergantung menu yang anda pilih.

Kegiatan wisata yang bisa anda lakukan selama berlibur di Pulau Tidung adalah bermain banana boat. Sewa per orangnya adalah Rp.30,000 atau bermain jetski dengan sewa Rp.300,000 per 30 menit. Bagi anda yang hobi mengeksplore bawah laut bisa juga melakukan aktivitas snorkeling dengan menyewa peralatan sebesar Rp.35,000 sudah termasuk satu set perlengkapan snorkeling dan pelampung. Jika ingin mengabadikan moment bawah laut anda dan tidak punya kamera bawah laut, bisa juga menyewa kamera bawah laut dengan tarif Rp.100,000 per hari. Lain halnya jika anda ingin snorkeling di beberapa spot terbaik dan sekaligus hopping Island, anda tentu membutuhkan boat untuk berkeliling. Kami sarankan untuk mengambil paket snorkeling sehari yang sudah banyak disediakan oleh tour operator di pulau ini dengan tarif Rp.70,000 per orang lengkap dengan alat snorkelingnya. Tapi kegiatan ini baru bisa dilakukan ketika sudah memenuhi kuota minimal 10 orang. Untuk itu kumpulkan lah banyak teman yang mau ikut bergabung.

Tips Backpacker Ke Pulau Tidung Dari Bandung lainnya yang bisa anda ikuti adalah :

1.Bawalah uang cash sebelum berkunjung ke Pulau ini karena Pulau Tidung belum dilengkapi dengan fasilitas ATM.
2.Jangan pernah tergiur dengan para calo di Pulau ini, kumpulkan lah banyak informasi terlebih dahulu sebelum berangkat.
3.Jangan pernah sungkan untuk menawar, karena apa pun akan bisa berubah harga nya apalagi jika anda datang bersama rombongan.












Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " Tips Backpacker Ke Pulau Tidung Dari Bandung"

  1. Kalo yang buat cari homestaynya di pulau tidung itu lebih baik pas sampe di sana atau dari jauh jauh hari booking dri internet? Trus gimna tips cari homestay yg terpercaya?

    BalasHapus
  2. Mas,
    Info dong klo dr lewi panjang ada bus yg pukul 00.00?

    BalasHapus