Tips Backpacker Ke Singapura dan Malaysia

Tips Backpacker Ke Singapura dan Malaysia – Bagi anda yang menginginkan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kalinya, hal yang harus dilakukan pertama kalinya adalah mengumpulkan banyak informasi agar liburan anda tidak banyak menguras tabungan. Hal ini juga diperlukan jika anda punya dana terbatas untuk berlibur ke Luar Negeri.

Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk bisa berlibur ke Luar Negeri harus punya dana lebih, ini mungkin bisa benar jika anda memilih liburan ke Eropa. Namun, anda bisa menyiasatinya untuk mulai berlibur ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapure. Untuk mulai berlibur di Singapure dan Malaysia hanya dibutuhkan Passport dan free visa. Ini akan membantu anda untuk menghemat biaya visa yang harus dikeluarkan tiap kali mengunjungi suatu negara.



Dalam artikel ini, admin akan membagikan Tips Backpacker KeSingapura dan Malaysia yang bisa menjadi panduan anda selama berlibur di dua negara ini :

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah mengikuti semua akun maskapai penerbangan yang sering memberikan promo seperti Airasia, Tiger Air, Jetstar, dan Lion Air. Biaya tiket untuk ke Singapure dan Kuala Lumpur bekisar di harga Rp.300,000. Namun jika anda akan melakukan penerbangan ke Malaysia terlebih dahulu, penerbangan promo ini akan turun di bandara yang berbeda dari penerbangan pada umumnya.

Bandara tempat turunnya pesawat promo ini adalah di LCCT (Low Cost Carrier Terminal) yang berjarak 2 kilometer dari Bandara Internasional Kuala Lumpur dan 60 Kilometer dari Kota Kuala Lumpur. Untuk mencapai Kuala Lumpur, anda bisa menggunakan bus dengan tarif murah yakni sekitar RM 8 –RM 10. Lama perjalanan dari LCCT menuju Kuala Lumpur adalah satu jam dan bisa dimanfaatkan untuk tidur.


Tips kedua adalah menyiapkan penginapan yang akan anda tempati di Malaysia. Ini harus nya sudah anda siapkan jauh hari sebelumnya dengan membooking hostel di beberapa website yang mendukung pemesanan secara online.

Beberapa referensi website yang bisa anda coba adalah Agoda.com dan Booking.com. Kelebihan memesan di Booking.com adalah jika anda membatalkan pemesanan tiba tiba tidak akan kena Penalthy. Selain itu juga, anda bisa membayar biaya hotel saat checkout dan tidak dibayar di depan. Pilihlah penginapan yang strategis berada di dekat objek wisata. Ini akan membuat anda menghemat biaya transportasi ke tiap objek wisata. Sebagai referensi anda bisa mencoba penginapan di kawasan Chinatown atau Petaling Street.

Kawasan ini menyediakan penginapan untuk kelas backapcker tapi tetap nyaman dengan sarapan paginya. Keuntungan menginap di tempat ini adalah dekat dengan stasiun Puduraya yang merupakan stasiun utama bagi bus untuk menuju kota kota lain di Malaysia. Selain itu, penginapan di tempat ini dekat dengan KL Monorail di Jalan Maharajalela dan juga Rail Transit Stasiun STAR Cahaya dekat Pasar Sentral. Anda juga bisa mengunjungi Kolam Renang yang terbuka untuk umum dengan hanya berjalan kaki selama 20 menit dari kawasan penginapan anda.

Tips ketiga adalah kunjungi lah beberapa objek wisata yangtidak membebankan tiket masuk. Anda bisa mengunjungi Batu Caves sebagai salah satu objek wisata yang anda bisa masuk secara gratis.

Objek wisata ini adalah Kuil yang terletak di dalam gua dengan ratusan anak tangga di dalamnya. Jika anda ingin berbelanja oleh oleh sepuasnya, anda bisa mengunjungi pasar seni. Jika ingin berbelanja oleh oleh bisa ke Petaling Street. Ini tentu akan mudah diakses jika anda telah memilih penginapan di kawasan Petaling Street.

Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah mengunjungi Landmark dari negara Malaysia yakni menara Petronas. Tidak lengkap rasanya jika anda berwisata ke Malaysia dan tidak berfoto di tempat ini. Dari Pasar Seni, anda tinggal menaiki LRT ke KLCC dengan biaya RM 1,6. Begitu tiba, tinggal bertanya kepada orang di sekitar dimana letak Petronas Tower.

Setelah puas berfoto di tempat ini, anda tinggal melanjutkan perjalanan kembali ke KL Center untuk menuju Singapure menggunakan kereta malam. Namun sebelum melanjutkan perjalanan yang panjang, ada baiknya mengisi perut terlebih dahulu dengan makan Food Court Lantai 3 KL Center.

Anda hanya cukup mengeluarkan tidak lebih dari RM 5 di tempat ini dan sudah bisa kenyang. Setelah puas makan, saatnya melanjutkan perjalanan ke Singapure dengan Kereta Malam Senandung Sutera. Untuk membeli tiket ini, ada baiknya membeli secara online di situs https://intranet.ktmb.com.my/e-ticket/.

Ada berbagai macam kelas yang disediakan di kereta ini mulai dari Class Sleeper untuk tempat tidur di bawah dengan tarif RM 46 dan tempat tidur di atas dengan tarif yang tidak jauh berbeda yakni RM 40.  Jika ingin lebih hemat, bisa juga memilih Second Class dengan tempat duduk biasa tanpa bisa dipakai untuk tidur dengan tarif RM 34. Ada baiknya anda memilih berangkat pada malam hari agar bisa tiba pukul 07.00 pagi di Singapure dan akhirnya tidak harus mengeluarkan biaya untuk penginapan lagi.

Pemberhentian terakhir kereta ini adalah Woodlands Checkpoint Singapure. Anda diharuskan melakukan segala macam prosedur imigrasi di tempat ini. Setelah semuanya selesai, anda bisa keluar dari stasiun dan mencari bus dengan nomor 160 jurusan Kranji Station. Tips saat naik bus di Singapure adalah selalu sediakan uang pas karena tiap bus di Singapure tidak memberikan uang kembalian.

Penginapan yang bisa anda gunakan selama berlibur di Singapure dengan tarif terjangkau adalah City Backpackers Hostel. Saran admin, bookinglah di situs hostelbookers.com daripada di situs resminya. Anda akan mendapatkan perbedaan harga yang sangat besar dibandingkan dengan memesan langsung di situs resminya. Untuk tarif penginapan jika memesan di  hostelbookers.com adalah 19 SGD, sementara di situs resminya sendiri adalah 26 SGD. Keuntungan menginap di hostel ini adalah mendapatkan makan pagi gratis yang bisa anda persiapkan sendiri sepuasnya dan free wifi yang bisa dipakai namun dengan limit waktu.

Keuntungan lain yang bisa anda nikmati pula di tempat ini adalah lokasi Hostel sangat dekat dengan stasiun MRT Clarke Quay.

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran anda saat liburan ke Malaysia dan Singapura adalah dengan cara memilih akomodasi penginapan yang murah meriah dan super hemat.

Nah, di bawah ini adalah beberapa penginapan yang menyediakan harga cukup murah yang dapat menjadi tempat bermalam anda di Malaysia :


1. The Bodhi Lodge

The Bodhi Lodge


Tertarik liburan murah ke Malaysia ala backpacker? Cobalah untuk menginap di The Bodhi Lodge! Sekilas, tidak ada yang istimewa dengan infrastruktur maupun desain arsitekturnya, namun hostel yang satu ini sangat sempurna untuk anda yang hanya butuh tempat untuk makan, mandi, dan tidur saja karena harganya yang relatif murah.

Harganya berkisar antara Rp 180.000 untuk kamar standard single (kamar ber-AC untuk menampung 1 orang dengan kamar mandi bersama) hingga Rp 230.000,- untuk kamar standard double (kamar ber-AC yang dapat menampung 2 orang dengan kamar mandi bersama).

Selain kamar tersebut, masih ada lagi jenis kamar lainnya yang berupa dormitory, kamar quadruple, dan lainnya. Fasilitas yang akan anda dapatkan di tempat ini dengan harga segitu ialah Wi-Fi gratis, parkir gratis, kamar keluarga, dan kamar bebas asap rokok.

Selain murah, letak The Bodhi Lodge yang berada di juga cukup strategis karena letaknya yang hanya 5 km dari pusat kota. Dari tempat ini pula anda dapat pergi berwisata ke tempat wisata terdekat seperti : Little India of Kuala Lumpur (0,7 km), Buddist Maha Vihara (0,8 km), National Museum and Museum & Antiquity Department (1,2 km), Thean Hou Temple (1,2 km), an KL Central Park The Lake Gardens (1,2 km).

Selain itu, dari tempat ini anda juga dapat pergi ke tempat wisata populer seperti : Berjaya Times Square (3,7 km dari hostel), Starhill Gallery (4,3 km dari hostel), Aquaria KLCC (4,6 km dari hostel), Menara Kembar Petronas (4,7 km dari hostel), dan Suria KLCC (4,8 km dari hostel).

2. BackHome KL

BackHome KL


Tips liburan murah ke Malaysia selanjutnya adalah dengan memilih penginapan di BackHome KL yang membanderol kamarnya dengan harga mulai dari IDR 150.906,52 hingga IDR 416.501,99 tergantung dari jenis kamar yang ingin anda pesan. Jika anda memesan kamar yang private rooms, maka harganya pasti lebih mahal dibandingkan dengan kamar yang dorm beds.

Anda tak perlu khawatir mengenai fasilitas yang akan anda dapatkan. Dengan harga segitu, anda sudah mendapatkan beberapa fasilitas yang menarik seperti free internet access, free Wi-Fi, free city maps, free breakfast, security lockers, common room, AC, hot showers, dan lain sebagainya.

Lokasi yang strategis (jarak dengan pusat kota + 1 km) dan harga yang relatif murah menjadikan hostel yang satu ini banyak diburupara backpacker. Jika anda menginap di hostel ini, anda tak perlu jauh-jauh untuk mencari obyek wisata karena BackHome KL dekat dengan Peter Hoe Evolution + Beyond, Junk Bookstore, dan juga Museum Telekomunikasi.

3. UFO Capsule Hotel

UFO Capsule Hotel


Bagi anda yang ingin merasakan tidur dengan suasana yang berbeda, menginaplah di tempat ini. Kok gitu? Seperti namanya, anda akan merasakan sensasi tidur di dalam pesawat ulang-alik UFO. Di tempat ini anda akan tidur di sebuah kapsul seperti dalam film-film petualangan luar angkasa.

Namun, meski anda tidur di dalam kapsul yang tertutup anda masih dapat berhubungan dengan dunia luar karena terdapat sambungan internet gratis di setiap kamar. Selain itu, anda juga tak perlu mengkhawatirkan persoalan barang bawaan karena pihak hotel juga sudah menyediakan deposit box yang dapat menjamin keamanan barang bawaan anda.

Untuk harga, anda tak perlu cemas karena harga yang dibanderol di tempat ini sekitar kurang lebih IDR 100.000,00.  Jadi otomatis biaya akomodasi yang murah akan dapat mengurangi beban anda. Barangkali jika ada sisa anda dapat melakukan liburan ke negara tetangga lainnya. Pasti menyenangkan melakukan liburan murah ke Singapore, Malaysia, Thatiland.

4. Arenaa Mountbatten Hotel

Arenaa Mountbatten Hotel


Tak usah khawatir menghabiskan banyak biaya, karena dengan menginap di Arenaa Mountbatten Hotel yang tarifnya dipatok mulai dari Rp 150.000,- anda akan mendapatkan biaya liburan murah ke Malaysia yang anda idam-idamkan.

Dengan harga seperti itu, anda sudah mendapatkan fasilitas yang cukup memadai seperti AC, Wi-Fi di area umum, lift, resepsionis dan keamanan 24 jam, check-in dan check-out ekspress, dan aksesibel bagi penyandang disabelitas. Jika anda lapar anda juga tak perlu jauh-jauh mencari tempat makan karena di hotel ini juga sudah tersedia restoran. Bahkan di sini juga terdapat alon kecantikan juga.

Selain itu, Arenaa Mountbatten Hotel yang beralamat di No. 23 Jalan Tuan Perak, Kuala Lumpur juga terdapat di lokasi yang sangat strategis karena berada persis di pusat kota Kuala Lumpur. Dari Arenaa Mountbatten Hotel anda dapat menuju ke Masjid Jamek dengan hanya beberapa langkah saja, anda juga dapat menuju ke Chinatown dengan berjalan kaki selama sekitar kurang lebih 2 menit, dan jika anda berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit anda akan sampai di Merdeka Square dan juga Central Market.


Beberapa objek wisata gratis yang bisa anda kunjungi di Singapure adalah Sentosa Island, Merlion Park, Gardens by The Bay, dan berbelanja oleh oleh di Chinatown.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Backpacker Ke Singapura dan Malaysia"

Posting Komentar