Tips Seru Backpacker Ke Jogja Dari Jakarta

Tips Seru Backpacker Ke Jogja Dari Jakarta – Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata yang terletak di Jawa Tengah. Kota ini mampu menjadi magnet bagi banyak wisatawan untuk mengisi liburan nya dengan mengunjungi berbagai objek wistawan yang tersedia. Anda akan menemukan beragam objek wisata seperti wisata alam, kuliner, budaya, hingga sejarah di kota ini. Hal ini tentu membuat anda akan merasa bahwa berlibur ke Yogyakarta sangat efektif karena banyak pengalaman yang akan didapatkan dengan adanya beragam objek wisata tersebut. Untuk merencanakan liburan di Kota ini, tidak perlu biaya yang sangat mahal. Anda bisa mengaplkasikan Tips Seru Backpacker Ke JogjaDari Jakarta jika anda kebetulan berangkat dari Jakarta.

Tips Seru Backpacker Ke Jogja Dari Jakarta

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan plan yang matang jauh jauh hari. Karena dengan begini anda bisa memutuskan waktu untuk membeli tiket kereta dengan tidak mendadak. Hal ini diperlukan karena jika anda membeli tiket secara mendadak, anda akan mendapatkan harga tiket yang sangat mahal. Jika anda membeli tiket kereta Ekonomi jauh jauh hari, anda akan mendapatkan tiket promo dengan harga Rp.55,000 dari Pasar Senen – Lempuyangan. Murah bukan? Dengan begitu anda sudah menghemat satu item yang paling banyak mengeluarkan biaya saat liburan. Setelah tiket sudah di tangan, saatnya anda membooking penginapan agar tidak full saat anda datang ke Yogya. Penginapan yang murah bisa anda temukan di kawasan Sosrowijayan yang terelatak di dekat Malioboro. Harga penginapan di sini hanya Rp.80.000 per malam dan sudah disediakan dengan bed 1 ranjang, Kipas Angin, dan Kamar Mandi di dalam. Memilih penginapan di kawasan ini selain sangat murah anda pun bisa ke Malioboro tanpa mengeluarkan biaya transportasi lagi.
Objek wisata yang bisa anda kunjungi di Yogyakarta adalah Candi Borobudur. Objek wisata ini merupakan destinasi wajib karena merupakan warisan budaya Indonesia yang dijadikan sebagai salah satu keajaiban dunia ke tujuh. Untuk mencapai tempat ini, anda bisa menggunakan Transyogya dengan Shalter Malioboro 1 kemudian turun di Shalter Ahmad Dahlan dan dilanjutkan dengan perjalanan ke terminal Jombor. Dengan menggunakan Transyogya ini, anda cukup membayar Rp.3,000 untuk sekali jalan. Saat tiba di Terminal Jombor lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus ke Terminal Borobudur dengan tarif Rp.20,000 per orang. Lama perjalanan adalah sekitar 1 hingga 2 jam. Saat tiba di Terminal Borobudur, anda bisa memilih jalan kaki atau naik Delman Andong dengan tarif Rp.10,000. Saat tiba di Candi, anda bisa menitipkan barang bawaan anda dengan biaya yang gratis dan hanya membayar untuk tiket masuk saja yakni sebesar Rp.30,000 untuk wisatawan lokal.  Setelah masuk ke kawasan candi ini, anda pun akan dibuat terkagum kagum dengan arsitek Candi dan tak akan melewatkan moment ini dengan diabadikan oleh Kamera.

Saat berkunjung ke Candi ini, anda pun bisa sekalian menyambangi Museum Unik Indonesia yang terletak di dekat Borobudur. Museum ini sangat unik karena menyimpan barang barang unik seperti buku terbesar di dunia karena memiliki ukuran 3x3 meter, Candi terkecil di dunia karena hanya bisa dilihat menggunakan kaca pembesar. Selain itu, anda pun dapat menonton pemutaran film dokumenter saat  Gunung Merapi meletus.  Untuk masuk ke museum ini, anda cukup membayar uang masuk sebesar Rp.3,000 saja.

Setelah puas bermain di Borobudur, anda bisa pindah lokasi ke pantai Parangritis. Perjalanan ke Parangritis bisa diakses dengan menuju Terminal Jombor terlebih dahulu, setelah itu melanjutkan perjalanan ke Terminal Giwangan. Jangan lupa memberitahu kenek bus untuk menurunkan anda di perempatan lampu merah. Dari perempatan itu, anda melanjutkan perjalanan ke Parangritis dengan  menggunakan Taxi. Tapi jangan lupa untuk menawar terlebih dahulu, karena biasanya dari harga Rp.150.000 anda bisa mendapatkan harga hanya Rp.100.000. setelah tiba di Parangritis yang bisa dipastikan tiba saat malam hari, anda segera mencari penginapan. Untungnya banyak penginapan yang tersedia di kawasan ini dengan tarif yang sangat murah mulai dari harga Rp.25.000 hingga Rp.200.000. Anda bisa mendapatkan harga Rp.150.000 dengan tipe kamar yang double bed sehingga bisa diisi oleh 4 orang, AC, dan TV juga. Setelah masalah penginapan sudah aman, anda tinggal mencari kuliner yang banyak didominasi oleh seafood. Walaupun sudah malam, ternyata rumah makan disini masih buka bahkan hingga pagi. Perut sudah terisi, saatnya menyiapkan stamina untuk tour esok harinya.  Keesokan harinya setelah sarapan kemudian langsung menuju pantai Parangritis yang sangat indah. Untuk masuk ke objek wisata ini, anda tidak boleh menggunakan baju berwarna hijau karena akan mengundang perhatian Nyi Roro Kidul. Anda pun tidak boleh berenang hingga tengah pantai karena konon akan diseret oleh Ratu Pantai Selatan ini. Setelah puas menikmati nuansa pantai ini, anda bisa memutuskan untuk kembali ke Jakarta atau ke Yogya lagi untuk menikmati objek wisata lainnya seperti berbelanja oleh oleh di Pasar Bringharjo atau Malioboro.


Jika anda punya waktu libur lebih, objek wisata lain yang bisa anda kunjungi selain di atas adalah Candi Prambanan, Bukit Kaliurang di Sleman dan bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dari sini, atau berbelanja Bakpia langsung ditempat pembuatannya sambil menyaksikan proses pembuatan Bakpia.  Saat malam hari, anda pun bisa nongkrong di Alun Alun Selatan sambil mencoba memecahkan misteri jalan lurus menuju Pohon Beringin yang terkenal mistis di area alun alun ini. Dengan menerapkan Tips Seru Backpacker Ke Jogja Dari Jakarta di atas, anda mungkin hanya akan menghabiskan biaya liburan sebesar Rp.500,000 untuk 4 atau 5 hari di Jogja. Semoga tipsnya bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Tips Seru Backpacker Ke Jogja Dari Jakarta"

  1. Sudah pada tahu Greenpack belum? Itu lho kemasan makanan ramah lingkungan juga aman untuk tubuh. Sampai kapan kita mau teracuni styrofoam terus?
    Lebih banyak tentang Greenpack dapat Anda temukan di sini http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooww,,penemuan baruu yaa gan ?? Keren tuh bisa membantuu green lingkungan..

      Hapus
  2. Tips nya bagus, bisa buat panduan (guidance).
    Berkut ini list tempat wisata lengkap di Yogya ala backpacker:
    www.yogya-backpacker.com
    Kenali, jelajahi dan cintai negerimu. :-)
    Makasih tips nya, mbak!

    BalasHapus
  3. Hotel waktu diparang tritis apa namanya gan

    BalasHapus
  4. sekedar info nih..

    klo jalan jalan ke jogja dan butuh transportasi buat explore. kami, NonaTrans menyediakan jasa sewa motor di jogja.

    unit dan harga yang kami sediakan
    vario, beat, scoopy, mio harga 70rb/24jam.
    vario 125 harga 85rb/24jam.

    harga udah include:
    - 2 helm
    - 1 matel hujan
    dan FREE antar jemput. Jadi ketika tiba di stasiun tugu, lempuyangan, bandara atau klo udah sampai di penginapan tinggal wa ke no. 081904043499 atau pin 54B57737 atau line 082138240036 . Isi form reservasi / booking langsung dech kami antar unit sewa motor jogja'nya.

    info lengkapnya di nonatrans.com ya.. thankyou. ^.^

    BalasHapus