Wisata Taman Nasional Ujung Kulon Banten Yang Bersejarah

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon Banten Yang Bersejarah – objek wisata ini terletak di Provinsi Banten. Dinamakan Taman Nasional Ujung Kulon karena letaknya berada di ujung Pulau Jawa di Bagian Barat. Tempat ini merupakan satu satunya kawasan konservasi untuk badak bercula satu dan merupakan satu satunya ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang masih tersisa dan terluas di daratan Jawa Barat. Pembentukan kawasan ini sebagai wilayah konservasi diprakarsai oleh para sarjana Kolonial yang tergabung dalam Organization for Scientific Research in Netherlands. Mereka semua tergabung dari para peneliti Geologi, Geografi, Ahli Botani, Satwa, dan Geografi pada tahun 1820. Pada saat menemukan objek wisata ini seperti menemukan lahan emas untuk penelitian mereka. Namun ternyata aktivitas mereka bukan hanya meneliti tapi juga melakukan perburuan pada banyak ekosistem langka di tempat ini untuk dijadikan koleksi museum mereka. Hingga akhirnya pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan kebijakan untuk memberhentikan penelitian mereka guna melindungi species di Taman Nasional ini yang hari demi hari mengalami kepunahan. Taman Nasional Ujung Kulon bisa dikatakan merupakan taman nasional tertua yang dimiliki oleh Indonesia sebelum muncul taman nasional lainnya seperti Taman Nasional Bunaken, Taman Nasional Wakatobi, dan Taman Nasional Gunung Leuser.

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon Banten Yang Bersejarah

Berbagai jenis habitat laut, tanaman, hewan bisa anda temukan di tempat ini. Keindahan lainnya yang bisa anda temukan di tempat ini adalah taman laut, keindahan sungai dengan jeramnya, pasir putih, sumber air panas, peninggalan budaya/sejarah, air terjun. Semuanya itu bisa anda temukan ketika berkunjung ke tempat ini. Jika anda dari Jakarta, anda bisa menggunakan mobil melalui jalan Tol dan menuju Labuan yang memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Kemudian setelah tiba di Labuan, anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Speedboat ke Pulau Peucang dengan menghabiskan waktu perjalanan selama 5 jam perjalanan. Untuk akomodasi sendiri bisa anda temukan di Handeuleum dan Pulau Peucang dengan tarif sekitar Rp.150,000 hingga Rp.500,000. Fasilitas yang dimiliki oleh objek wisata ini pun sudah terbilang lengkap karena mempunyai restorant, cafe, tour operator, tempat pemyewaan Speedboat untuk mengunjungi tiap pulaunya. Waktu kunjungan terbaik ke objek wisata ini adalah dari bulan April hingga September dan untuk bisa masuk ke kawasan ini anda harus mendapatkan izin dari Kantor Perlindungan Hutan dan Alam yang berada di Labuan.

Baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Di Pontianak Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon Banten Yang Bersejarah

Bagi yang sangat suka dengan wisata bahari, berbagai objek wisata yang bisa anda kunjungi adalah :

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon Banten Yang Bersejarah

-Pulau Panaitan dan Gunung Raksa adalah tempat untuk wisata budaya/sejarah, berselancar, dan menyelam.
-Pulau Peucang adalah tempat untuk terumbu karang yang indah, pasir putih, menyelam, memancing, snorkeling, dan tempat untuk mengamati satwa rusa.
-Tamanjawa dan Cibiuk adalah tempat untuk pusat informasi, sumber air panas, dermaga, dan sebagai pintu masuk dengan berbagai fasilitas.
-Pulau Handeuleum, Cigenter, Cihandeuleum adalah tempat untuk menelusuri sungai di ekosistem hutan mangrove dan tempat untuk pengamatan satwa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Taman Nasional Ujung Kulon Banten Yang Bersejarah"

Posting Komentar