Keunikan Dan Pesona Wisata Dieng Yang Patut Di Ancungi Jempol

Keunikan Dan Pesona Wisata Dieng Yang Patut Di Ancungi Jempol - Jika kamu sedang berkunjung di suatu lokasi ataupun tempat wisata, pastilah kamu akan menemukan hal-hal yang unuk dan baru yang selama ini belum pernah kamu jumpai. Coba sempatkanlah kamu untuk mampi ke wisata dieng karena di sana, kamu akan menemukan hal unik di wisata dieng. Perpaduan antara budaya dan keindahan terciptalah wisata dieng. Begitu banyak wisata di dieng, beberapa hal yang istimewa adalah kamu patut mencoba untuk mampir ke segitiga emas meliputi Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna Pengilon. 




Ada lagi loh hal-hal unik lainya yan petut di acungi jempol yaitu salju dieng, orang daerah situ menyebutnya dengan ëíbun upasíí. Hal unik ini jarang sekali terjadi di kota-kota lain bahkan di luar negri pun jarang kita ketemui. Fenomena alam yang begitu menakjubkan.bagaimana saya bilang sangat menakjubkan, karena ampir semua dataran tinggi dieng akan dipenuhi dengan salju yang tidak begitu tebal atau tipis  yang terhampar dan rerumputan dan tanaman di area sekitar situ akan berubah menjadi warna putih ketika salju dieng bermunculan.

Di dieng juga memiliki tanaman unik, suatu tanaman yang tidak dapat tumbuh di daerah lain, yakni tanaman Carica. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang langka karena hanya bisa di temukan dan tumbuh di dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo. Inipun sudah jarang sekali tumbuh karena tumbuhnya tanaman ini sangatlah terbatas.

Tanaman Carica ini merupakan tanaman jenis papaya tapi memiliki aroma buah yang begitu harum, segar dan tekstur buahnya lebih kenyal bila di bandingkan dengan papaya. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di Kecamatan Kejajar,, Dieng terutama di beberapa desa wilayah atas seperti Dieng Patak Banteng, Sembungan, Jojogan, Sikunang , Igirmranak, Parikesit dan Tieng. Kenapa hanya tumbuh di daerah ini , karena dieng habitat yang cocok di dataran tinggi dan hanya tumbuh dengan optimal dan berbuah di ketinggian sekitar 1.500 - 3.000 m dpl.


Tanaman carica adalah jenis papaya yang memiliki ketahanan yang tinggi terhadap virus yang menyerang pepaya sehingga sangat bernilai dalam program perbaikan dan pemuliaan sifat papaya. Tanaman carica ini sudah di tetapkan sebagai flora khas Kabupaten Wonosobo.

Dieng plateau atau di sebut juga dengan Dataran Tinggi Dieng adalah suatu kawasan pegunungan yang terletak di Jawa Tengah. Secara administrative dataran tinggi dieng tertulis masuk dalam 2 kabupaten yakni Kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. Di tempat ini, ada berbagai macam pesona wisata dieng dan fenomena alam yang unik dan aneh serta pesona yang sangatlah indah dari situlah banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya.

Untuk menggambarkan pesona keindahan Dataran Tinggi Dieng juga bisa di tunjukkan dengan kalimat suatu negri di atas awan dan suatu syurga yang tersembunyi. Hehehe . bagi para wisatawan terutama pecinta alam, patut untuk mengunjungi wisata ini. Pada umumnya wisata dieng ini tidak bisa di pisahkan karena sudah menjadi satu kesatuan dalam wisata dieng. Ada kurang lebih 12 tempat wisata di dieng yang sangat mempesona dan patut di ancungi jempol. Nah di sini kita akan menunjukkan sedikit cerita tentang wisata alam dieng yang sudah sangat terkenal, dua wisata dieng yang patut kamu ketahui dan kunjungi.

Dua Keindahan Wisata Dieng yang Terkenal 




1. Wisata sikunir dieng

Wisata kunir dieng atau di sebut dengan bukit sikunir dieng ini merupakan salah satu Primadona karena banyka pengunjung wisatawan yang dapat melihat keelokan pesona matahari terbit dan juga terkenal dengan ëísikuniríí karena di sikunir inilah tempat spot terbaik kedua di dunia untuk menyaksikan Sunrise. 

Wisata ini merupakan bukit syurga bagi para pecinta sunrise  dan gak pernah sepi pengunjung karena pesona keindaanya yang sangat dasyat. Bukit Sikunir ini berada di Desa Sembungan, sebuah bukit yang mempunyai panorama berupa sunrise yang mempesona dan elok. Salah satu wisata andalan di Dieng plateau adalah Sunrise di Dieng.

2. Wisata telaga warna dieng

Tempat wisata selanjutnya yaitu wisata telaga warna dieng. Wisata ini juga memiliki keindahan serta keunikan tersendiri. Keunikanya yaitu telaga warna dieng mempunyai warana yang berbeda-beda di saat pengunjung melihatnya. Perbedaan warna ini di akibatkan oleh kandungan belerang didalam dasar airnya. Telaga warna ini adalah salah satu tempat wisata di dieng kabupaten Wonosobo.

Di sebelah telaga warna ini terdapat telaga Pengilon. Namun, telaga pengilon ini tidak berpengaruh dengan airnya kedap kandungan belerang di sekitarnya dan tidak membut warna yang berbeda-beda seperti telaga warna . telaga pengilon ini airnya sangatlah bening dan jernih seperti cermin .

Telaga warna dieng terletak pada ketinggian 2000 mdpl, di ketinggian inilah pesona pemandangan begitu sangat indah. Warna air di telaga ini sering berubah-ubah, kadang berwarna putih, hijau, biru, lembayung dan merah. Pesona fenomena alam yang indah dan unik ini mengandung mengandung sulfur yang cukup tinggi. Nah, dari sulfur inilah telaga ini akan menimbulkan warna yang lain di saat terkena cahaya sinar matahari.

Iniah dua di antara beberapa wisata alam dieng, wisata yang sangat menakjubkan keindahan serta keelokanya. Mungkin kamu adalah sebagian orang-orang yang beruntung yang bisa mengunjungi wisata dieng ini.


Sumber foto :

http://www.tempatwisataid.com/wp-content/uploads/2014/02/Keindahan-Tempat-Wisata-Telaga-Warna-di-Dieng.jpg
https://liburankita.files.wordpress.com/2011/10/1988301_dieng2.jpg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keunikan Dan Pesona Wisata Dieng Yang Patut Di Ancungi Jempol"

Posting Komentar