Berburu Lezatnya Kuliner Di Makassar dan Lokasi Kuliner Yang Wajib Dikunjungi

Berburu Lezatnya Kuliner Di Makassar dan Lokasi Kuliner Yang Wajib Dikunjungi

Berburu Lezatnya Kuliner Di Makassar dan Lokasi Kuliner Yang Wajib Dikunjungi - Makassar atau yang lebih dikenal dengan nama Ujung Pandang merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi  Selatan dan merupakan kota terbesar  yang terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi. Kota ini di tempati oleh banyak suku, diantaranya adalah Suku Makassar, Bugis, toraja, Mandar, Buton, Jawa dan Tionghoa. Selain itu kota ini juga mendapat julukan Kota Daeng dan juga Kota Angin Mamiri. Kota Makassar merupakan kota dimana tempat wisata kulinernya yang sangat beragam yang tentunya enak dan bisa memanjakan lidah. Makassar terkenal  dengan makanan yang rata rata menggunakan minyak dan tentu enak, tempat wisata di Makassar dan kuliner yang ada sungguh wajib untuk Kamu kunjungi apabila Kamu kebetulan sedang berada di Kota Makassar.

1. Pallu Basa Serigala

Berburu Lezatnya Kuliner Di Makassar dan Lokasi Kuliner Yang Wajib Dikunjungi


Merupakan sebuah tempat makan yang sangat populer di Kota Makassar. Pallu Basa Serigala saat ini didirikan di Jalan Serigala No.54 , Pallu Basa Serigala dibuka mulai 11 siang hingga 10 malam WITA.  Daging Pallu Basa merupakan sebuah menu utama yang ada di tempat ini tentu saja disuguhkan dengan daging yang nikmat dan lembut. Sekilas daging Pallu Basa ini sangat mirip dengan makanan khas Makassar yakno Coto Makassar, akan tetapi yang membedakan adalah daging Pallu Basa ini dimakan dengan nasi. Untuk harga di tempat makan ini mulai dari harga Rp. 15.000,-.

2. Pisang Epe

Pisang Epe


Pisang Epe yang merupakan sebuah tempat wisata kuliner di Makassar yang berdiri di sepanjang Pantai  Losari Makassar. Sambil makan disekitar kita akan terhampar pemandangan yang luar biasa indah, selain pemandangan pantai yang indah tentu kita bisa menikmati pisang bakar ala Pisang Epe. Pisang Epe sendiri adalah pisang bakar dengan proses pembakaran 2 kali. Ada beberapa varian rasa yang bisa Kamu dapatkan seperti rasa durian, keju dan juga coklat. Buktikan sendiri rasanya hanya dengan merogoh kocek sedalam Rp. 6.000,- saja Kamu sudah bisa mencicipi sajian pisang bakar ala Pisang Epe.

3. Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi


Wisata kuliner Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi ini berdiri di Jalan Gunung Lompobattang, Pisang Utara.  Hidangan utama yang disajikan di Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi  ini adalah Sop Konro yang merupakan masakan legendaris yang ada di Makassar. Dengan menggunakan iga sapi dan di makan dengan menggunakan ketupat tentu rasanya akan sangat memuaskan perut Kamu. Akan tetapi di Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi  ini terdapat makanan yang unik yakni  Konro Bakar yang merupakan sajian enak yakni iga sapi yang dibakar kemudian dicampur dengan bumbu khas. Untuk harga mulai dari Rp. 30.000,- saja.

4. Jalankote

Jalankote


Jalankote juga salah satu dari jenis pastel dengan isian sayur, daging dan beberapa isian lainnya. Kuliner di Makassar ini cenderung berbentuk seperti kerang. Di Makassar sendiri makanan ini biasanya dihargai sekitar Rp. 6.000,- per porsi dan banyak dijual di Jalan Lasirang Makassar. 

5. Songkolo

Songkolo


Songkolo sendiri adalah makanan khas Suku Bugis Makassar. Terbuat dari olahan beras ketan  dan taburan parutan kelapa. Wisata kuliner dari Makassar ini umumnya dijual  di Antang Raya Pannara. Dengan harga Rp. 5.000,- per posinya.

6. Coto Nusantara

Coto Nusantara


Tempat makan paling enak di Makassar yang satu ini berdiri di Jalan Nusantara No.32. Coto Nusantara sendiri merupakan sebuah tempat kuliner yang menyajikan menu utama  Coto Makassar dengan menggunakan daging lokal yang sangat enak. Tempat wisata kuliner ini membrandol makanan yang di sajikan mulai dari Rp. 12.000,- dan buka muali dari jam setengah 7 pagi hingga 6 sore WITA.

7. Mie Hengki

Mie Hengki


Tempat kuliner di Makassar selanjutnya adalah Mie Hengki. Mie Hengki ini merupakan sebuah tempat yang berdiri di Jalan Nusantara No. 354. Mie yang disajikan di mie Hengki  ini adalah mie kering Makassar. Mie kering Makassar merupakan sebuah olahan mie china yang tentu mempunyai rasa lezat. Mie kering ini disajikan dengan irisan ayam, cumi cumi, hati dan jamur yang tentu menambah lezat yang luar biasa. Kamu bisa datang ke Mie Hengki mulai jam 7 malam hingga jam 12 malam. Untuk harga mie kering ini di brandol dengan harga Rp. 18.000,- saja.

8. Nasi Kuning Riburane

Nasi Kuning Riburane


Berdiri di Jalan Riburane No. 11. Salah satu makanan untu sarapan yang di konsep dengan porsi jumbo dengan sajian nasi kuning yang komplit. Kenapa bisa komplit ? Hal ini dikarenakan nasi kuning yang ada di tempat ini disajikan dengan abon sapi, dendeng sapi, telor bebek, kentang manis, sayuran dan rendang sapi. Mungkin hal inilah yang membuat tempat wisata kuliner bernama Nasi Kuning Riburane ini cepat terkenal, hanya dengan mulai Rp. 15.000,- saja Kamu sudah bisa menikmati makanan yang ada di sini.

Demikian referensi kuliner yang dapat Kamu coba ketika berlibur ke Makassar. Dengan beragamnya  kuliner, wisata sehari di Makassar rasanya  kurang dan tentunya akan membuat Kamu ingin tetap berada di pulau ini. Selamat berlibur.


Sumber foto :

https://blog.heritage.id/wp-content/uploads/2016/01/pallu-basa-serigala.jpg

http://jadiberita.com/wp-content/uploads/2014/01/pisang.jpg

http://daradaeng.com/wp-content/uploads/2014/09/Resep-Sop-Konro-dan-Konro-Bakar-Khas-Makassar.jpg

http://2.bp.blogspot.com/-iLg487pPTkc/U7JGieXzGeI/AAAAAAAACTE/n0F1lHHe3ew/s1600/pastel.jpg

https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/93a46a53e22256b8/1200x630cq70/photo.jpg

https://salmahsumayya.files.wordpress.com/2014/04/coto-nusantara-1.jpg

http://rakyatku.com/images/dd_BhxCQAAX03D.jpg

https://3.bp.blogspot.com/-rJ3DXSHXGac/VwS0qhrOoXI/AAAAAAAAFfU/RR0p8sE2QnUrjQk8jzbZbaYyT62YmcIdQ/s1600/P_20160326_073028.jpg







Read More
Tips Menjadi Travel Photography Yang Menyenangkan Dan Bikin Heboh Rekan-Rekanmu

Tips Menjadi Travel Photography Yang Menyenangkan Dan Bikin Heboh Rekan-Rekanmu

Tips travel photography - Sampai saat ini masih banyak loh, orang-orang yang pengen jadi seorang fotografer. Apalgi seorang fotografer yang handal. Pekerjaan sebagai fotografer merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan karena dapat memberikan kesenangan tersendiri di saat bisa menghasilkan gambar yang sempurna dan sesuai yang di inginkan dan rekan-rekan kamu akan jadi heboh dan takjub di saat meliat semua koleksi foto-foto kamu. Apalgi seorang fotografer yang lagi hobi mengoleksi kamera dengan berbagi jenis yang lagi booming. Biasanya, ada batasan jika hanya menjadi seorang fotografer karena cuma terpaku di dalam satu lingkungan itu itu saja sehingga bisa jadi jenuh ketika melakukan pekerjaan tersebut. Beda loh jika kamu jadi seorang travel photograpy.


Tips Menjadi Travel Photography Yang Menyenangkan Dan Bikin Heboh Rekan-Rekanmu


Karena dengan menjadi travel photography kamu tidak cuma diam di suatu tempat itu itu aja tapi kamu juga bisa pergi ke berbagai tempat yang unik, indah, bagus dan juga menarik. Dan tentu saja jika menjadi seorang travel photograpy itu di butuhkan kemampuan fotografi yang bagus karena dengan ini menjadi nilai plus yakni bisa menghasilkan gambar yang baik serta menarik. Travel photography adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Kamu dapat mendokumentasikan berbagai momen berharga dan juga pemandangan yang indah serta elok di saat kamu jalan-jalan ke tempat wisata ataupun ke tempat-tempat yang unik. Dengan demikian, travel photography tidak kurang dari sekedar jalan-jalan sambil membawa dengan tentengan kamera digital single-lens reflex alias DSLR.

Untuk menghasilkan foto yang cantik dan menarik pastilah membutuhkan teknik yang khusus dan tepat selama pengambilan foto. Begitu juga dengan travel photography, jika tidak ada penguasaan dasar mungkin hasil fotonya juga gak memuaskan Jika kamu salah satu penggemar travel photography, cobalah untuk membuat suatu hasil karya foto yang bikin orang heboh dan tertarik. Oleh karena itu, saat ini artikel ini akan mengupas tuntas tipsnya agar hasil foto kamu bikin reka-rekan kamu heboh dengan keindahan dan keelokan hasil fotomu.


Tips Berfoto Di Saat Travel

Tips travel photography



Agar menghasilkan gambar yang bagus di saat melakukan travel photograpy tentulah harus mempunyai kemampuan yang hebat dan teknik yang mendasar dalam pengambilan gambar yang dapat di abadikan. Teknik dasar untuk memfoto harus bisa di kuasai betul. Kemudian lakukanlah beberapa tips berikut ini :

1. Memakai lensa ideal

Dari jenis lensa kamera yang berbeda menghasilkan gambar yang berbeda pula. Maka dari itu, pilihlah lensa yang umum di gunakan dan tentunya dapat menghasilkan gambar yang terbaik dan bagus. Dengan begitu gambar yang dihasilkan pun bisa lebih bagus. Lensa wide dengan range 18-200 mm adalah lensa ideal yang paling banyak di gunakan. Lensa sejenis itu juga sangat ringan ketika di bawa kemana-mana di saat berpergian dan jangan lupa untuk membawa flash, filter dan tripod.

2. Gunakanlah teknik mengambil foto dengan tepat

Tentu terdapat teknik yang tepat yang harus dikuasai dalam pengambilan gambar. Oleh sebab itu di saat melakukan pemotretan dalam setiap perjalanan, gunakanlah teknik itu. Seperti contoh, membuat air menjadi lebih halus dalam gambar dengan menggunakan teknik slow speed .Teknik ini akan membuat gambar yang bergerak terlihat lebih alami dan juga indah dilihat.

Travel photography


3. Pilihlah spot yang tepat

Menjadi seorang travel photography tentu harus bisa memilih dan melihat spot-spot yang tepat dan terbaik di suatu tempat. Dengan hal itu, hasil foto yang di ambil akan lebih berkesan. Kuasai juga teknik untuk mengubah gambar yang berbeda tapi dari sudut pandang yang sama dengan mengubah sedikit angle, maka gambar yang didapatkan dengan tempat yang sama hasilnya bisa akan berbeda. Kalau bisa jangan melakukan editan agar hasil foto yang di dapat di saat perjalanan akan lebih sempurna dan bagus. Lakukanlah pemotretan dengan natural dengan cara pengambilan foto yang banyak tanpa di edit.

Sebuah foto yang indah itu menyenangkan, tapi akan lebih menyenangkan lagi jika sebuah foto itu dapat bercerita. Di saat melakukan travel phogoraphy wisata alam, harus bisa mengerti basic memfoto yang bagus. Selain tehnik dasar foto memfoto,  ketelitian dan , kedisiplina juga sangat diperlukan. Tidak enak kan jika mau berangkat hunting foto di tempat wisata alam, tiba-tiba baterai belum di charge atu kelupaan membawa memory card. Jadi sebelum masalah itu datanga persiapkanlah semuanya sebelum berangkat jadi keesokan harinya di saat mau mengambil foto sunrise tidak tergesa-gesa dalam mempersiapkan segala hal. Apalagi melakukan perjalanan ke tempat-tempat wisata alam yang jauh dan terpencil, untuk membuat foto tidaklah cukup, waktu telah berubah. Saat ini, hal terpentig yaitu bagaimana menuangkan esensi perjalanan melalui rangkaian cerita visual dalam fotografi perjalanan.

Hunting foto sambil jalan-jalan alias photography dan traveling di sebuah pantai yang sangat indah memang selalu asik untuk dilakukan selain dapat menikmati pesona alam yang kita juga dapat mengambil foto apa yang menurut kita elok dan menarik, bisa saja itu pemandangan pantai, ombak-ombak yang bergemuruh atau dapat juga kegiatan-kegiatan lucu yang dapat kita jumpai pada saat motret. Travel photography wisata pantai patut kita lakukan dengan rekan-rekan agar bisa mendokumentasikan cerita-cerita waktu di dalam wisata dengan foto-foto. Terlihat beberapa aktivitas orang-orang yang lagi ber selfie ria dan bermain di wisata pantai . Semuanya senang dan tentunya kamu juga bisa memotret di saat traveling agar lebih menyenangkan dan bikin heboh rekan-rekanmu karena sebuah foto bisa menceritak suatu hal tanpa ada kata-kata yang terucap.


Sumber foto :

http://aglobewelltravelled.com/wp-content/uploads/sites/3/2015/06/travel-photography-tips-11.jpg

https://cdn.fstoppers.com/styles/full/s3/lead/2014/10/michael-bonocore-travel-photography.jpg

http://digital-photography-school.com/wp-content/uploads/2010/03/travel-photography-1-600x401.jpg







Read More
Pesona Indahnya Benteng Tulokko, Kalamata dan Oranje Di Ternate

Pesona Indahnya Benteng Tulokko, Kalamata dan Oranje Di Ternate

Pesona Indahnya Benteng Tulokko, Kalamata dan Oranje Di Ternate - Jika kamu telah berkunjung ke Ternate, jangan lupa untuk mampir ke benteng yang menjadi saksi serta peninggalan sejarah ini. Di benteng ini kamu bisa melihat pesona keindahan bangunan-bangunan yang bersejarah dan menjadi saksi penjajahan dan pertahanan di kota Ternate. Benteng Tulokko tepat berada di Kelurahan Sangadji, Kota Ternate, Maluku Utara. Jarak tempuh dari pusat kota kurang lebih sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. 

Pesona Indahnya Benteng Tulokko, Kalamata dan Oranje Di Ternate


Benteng tulokko ini termasuk peninggalan portugis saat penjajahan zaman dulu. Dari bagian atas benteng dapat melihat pemandangan laut dengan latar belakang pulau maitara , halmahera, dan tidore. Pesona pemandangan dari atas benteng ini sangatlah indah. Benteng ini memeiliki keunikan tersendiri yakni memiliki dua bastion di depan dan satu dibelakang dan ini menjadi ciri khas Benteng Portugis.

Sebutan nama lain dari benteng ini adalah Benteng Hollandia. Tempat ini merupakan tempat wisata sejarah yang sudah banyak wisatawan datang berkunjung.  Benteng ini di bangun oleh bangsa Portugis pada tahun 1540. Pada sat itu bangsa portugis telah menguasai Ternate, benteng ini sebagai pertahanan bangsa itu untuk menguasai perdagangan dan keberadaan rempah - rempah serta cengkeh di Ternate. 

Benteng ini memang di bangun oleh bangsa Portugis, tapi pada saat itu sempat di ambil alih oleh Belanda sekitar tahun 1610. Belanda telah mendominasi antara wilayah Maluku dan sekitarnya, termasuk Ternate. Sekitar tahun 1996, benteng tulokko ini pernah di pugar kembali. Tapi sampai sekarang benteng ini masih dalam keadaan bagus, dan juga terlihat kokoh karena masi terawatt meskipun sudah berumur ratusan tahun. 

Benteng Kalamata

.
Bangsa Indonesia pernah di jajah oleh bangsa portugis pada saat itu, sejarah benteng-benteng yang ada di Tenate menjadi saksi bisu atas kejadian itu. Tujuan bangsa asing menjajah Indonesia untuk merebut hasil rempah-rempah, cengkeh dan juga ingin menguasai kekayaan penduduk Ternate. Pda abad ke 15 bangsa Portugis menjajah Ternate yang berada di Propinsi Maluku Utara. Berbagai cara telah di tempuh Portugis untuk menguasai hasil kekayaan dan juga menjauhkan bangsa lain yang ingin mengambil alih daerah Terante. Salah satu cara tesebut yaitu dengan membangun benteng di Ternate.

Jika kamu mengunjungi Ternate, akan banyak di temukan banteng-benteng peninggalan Portugis, tak hanya benteng tulokko tapi ada beberapa benteng lagi yang ada di Ternate. Salah satunya adalah Benteng Kalamata Ternate yang berada di Kayu Merah, Ternate Selatan. Benteng ini memiliki ukuran relative kecil jika di bandigkan benteng lainya. Benteng ini mempunyai tinggi 3 meter dan dinding setebal 60 cm. Benteng kalamata menghadap Pulau Tidore yang pada saat itu dikuasai oleh Spanyol. Ada tujuan tersendiri di bangunya benteng ini, yakni untuk menghalangi serangan dari arah Pulau Tidore. 

Benteng Kalamata punya empat buah kubu pertahanan di setiap keempat arah mata angin. Di setiap kubu pertahanan dalam benteng ini terdapat semacam lubang untuk membidik sasaran.Pada awalnya benteng ini bernama Santa Lucia. Tapi telah di ubah menjadi Kalamata karena benteng ini menjadi wujud penghargaan kepada Pangeran Kalamata. Pangeran Ternate yang telah meninggal di Makassar.

Benteng Oranje Di Ternate


Suatu hal yang sangat menyenangkan jika bisa berkeliling kota Ternate. Banyak tempat wisata yang patut di kunjungi di kota Ternate. Terdapat beberapa benteng yang sangat cantik di kota ini. Salah satunya adalah Benteng Oranje Ternate (Fort Oranje). Benteng ini terletak di kelurahan Gamalama, kec. Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Benteng ini memiki bentuk mirip trapezium. Di bangun di atas lahan seluas 12.680 m≤ dan juga mempunyai empat buah bastion pada setiap sudutnya. Tingginya sekitar 5 meter dengan kemiringan 4 derajat, tebalnya kurang lebih 1 meter dan bagian dalam dalam benteng mempunyai ketebalan 0,75 meter.

Di bagian atas tembok benteng oranje ini terdapat rampart atau di sebut dengan jalan keliling yang bisa menghubungkan keempat bastion di tiap sudutnya. Rampart ini berada pada ketinggian kurang lebih 3,5 meter dari tanah dan memiliki jarak kurang lebih 1,1 meter dari ketinggian dinding tembok. Pada saat Portugis meninggalkan Ternate, Lonceng yang berada di benteng ini sempat dipindahkan VOC lalu di gantung di pintu masuk benteng Oranje. Sekitar tahun 1950 lonceng ini tetap terpasang di sana tapi sekitar tahun 1951 loncengnya dipindahkan dan disimpan pada gereja Katolik (Gereja Batu) di Ternate.

Banyak sekali kekayaan cagar budaya di Ternate, Maluku utara karena terdapat beberapa benteng yang indah serta cerita isi sejarahnya. Pesona Benteng Ternate menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Dari beberapa benteng peninggalan sejarah dan juga menjadi saksi sejarah yang di yakini bisa menarik wisatawan, di antaranya yaitu Benteng Tulokko, Benteng Kalimata dan Benteng Oranje. Keberadaan beberapa benteng Ternate ini dengan sendirinya menjadi pertanda sebuah fase politik ekonomi global awal dimulai. Karena dengan kedatangan bangsa Belanda dan Portugis yang semakin menyuburkan perdagangan kolonial dengan penguasaannya atas monopoli rempah serta cengkeh di Ternate dan sekitarnya dan juga tidak hanya keindahanya saja tapi juga cerita sejaranya yang patut di ketahui.


Sumber foto :

https://1.bp.blogspot.com/-UBncNvAdcxU/VzquBi-RoRI/AAAAAAAAAA4/GgQxXdXoQ1gtHB5dO6zkgPz0RDbt20j2wCLcB/w1200-h630-p-nu/Benteng%2BTolukko%2B%2528Santo%2BLucas%2529%252C%2BTernate%2B673.jpg

https://becakantik.files.wordpress.com/2013/05/2.jpg

http://assets.kompas.com/data/photo/2015/04/16/0844587Bagian-depan-utara-Benteng-Oranje-yang-dulunya-dipadati-Pedagang-Kaki-Lima-PKL-kini-ditata-kembali-dengan-pembangunan-taman.-780x390.jpg







Read More